Kompas.com - 25/06/2021, 07:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Retak rambut merupakan kondisi kerusakan pada dinding rumah yang berbentuk seperti garis tipis laiknya helaian rambut.

Meskipun terlihat sepele namun bila tak ditangani dengan baik bisa menimbulkan kerusakan lebih parah.

Banyak alasan mengapa retak rambut terjadi. Salah satunya adalah karena terkena rembesan air secara terus menerus.

Air sangat mudah diserap oleh dinding. Bila area tertentu terus terkena rembesannya, maka dinding akan menjadi lembap. Lama kelamaan, tekstur dinding membengkak dan muncul retakan.

Baca juga: Cara Memperbaiki Dinding Eksterior Rumah yang Rusak

Hal lain yang menyebabkan terjadinya retak rambut adalah pekerjaan konstruksi yang buruk sehingga dinding mudah retak.

Pada rumah yang sudah lama ditinggal penghuninya, bagian dinding juga banyak ditemui retak rambut. Karena itu, pastikan Anda tidak meninggalkan rumah terlalu lama untuk liburan.

Jika Anda menemukan retak rambut pada dinding rumah jangan panik! Anda bahkan bisa memperbaiknya sendiri di rumah.

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah membuka retak rambut lebih dalam. Ini sangat penting agar Anda bisa membersihkan bagian dinding yang terlepas, cat, atau serpihan.

Setelah retakan dibersihkan, plester lubang pada retakan dengan campuran pasir, air dan semen. Pastikan mengisi lubang pada retakan tersebut.

Ratakan permukaan dengan pengikis dan biarkan area tersebut mengering selama sehari. Jangan bekerja dengan terburu-buru karena bisa menimbulkan kerusakan lain.

Setelah permukaan mengering, amplas hingga permukaan benar-benar halus dan rata. Kemudian aplikasikan cat dengan warna-warna pilihan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.