Pengembangan Kawasan Strategis Nasional Banjarbakula Masih Proses Penyusunan Payung Hukum

Kompas.com - 24/06/2021, 19:00 WIB
Pengembangan Banjarbakula Kementerian ATR/BPNPengembangan Banjarbakula

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengembangkan wilayah Kawasan Strategis Nasional (KSN) Metropolitan Banjarbakula masih terus dilakukan.

Banjarbakula merupakan singkatan dari Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Barito Kuala, dan Tanah Laut.

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra mengatakan pengembangan Banjarbakula ini sangat penting dilakukan untuk mendorong berkembangnya suatu wilayah.

"Pengembangan Wilayah Banjarbakula ini dapat menciptakan episentrum barudi wilayah tersebut," kata Surya dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Kamis (24/06/2021).

Baca juga: TPA Regional Banjarbakula Selesai Dibangun

Menurut Surya, pengembangan Banjarbakula menjadi KSN Metropolitan hingga saat ini masih dalam proes penyusunan payung hukum.

Saat ini Kota Banjarmasin sudah dalam kondisi urban sprawl, artinya tidak cukup lagi berdiri sendiri melainkan butuh dukungan dari kota-kota sekitar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karenanya, untuk mendukung Kota Banjarmasin, perlu pelibatan lima kabupaten/kota.

Hanya, lanjut dia, yang menjadi tantangan selanjutnya adalah komunikasi dan kolaborasi yang efektif antara Pemerintah Pusat dan daerah.

Bagi pemerintah pusat, guna mendukung Kawasan Metropolitan/Perkotaan Banjarbakula dapat menyiapkan peraturan Presidennya.

Namun, eksekusinya sangat bergantung pada Pemerintah Daerah (Pemda).

“Wali Kota yang bekerja tidak cukup hanya Wali Kota Banjarmasin, tetapi juga butuh dukungan dari lima kepala daerah lainnya. Ini jadi tantangan yang perlu kita atasi karena peluang sudah didepan mata,” papar Surya.

Dengan demikian, apabila nanti Banjarbakula menjadi KSN Metropolitan, pemerintah pusat wajib mendukungnya

"Kawasan ini akan membuka peluang untuk menciptakan episentrum baru, yakni pembangunan di wilayah-wilayah lain," tuntas Surya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X