Ubin Popping, Bagaimana Cara Memperbaikinya? Simak Panduan Berikut

Kompas.com - 24/06/2021, 17:00 WIB
Jika ubin lantai kamar mandi tidak dipasang dengan benar, akan saling menekan satu sama lain dan akhirnya menggembung (popping) bahkan pecah. www.houzz.comJika ubin lantai kamar mandi tidak dipasang dengan benar, akan saling menekan satu sama lain dan akhirnya menggembung (popping) bahkan pecah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bila ubin di rumah Anda terlihat bergelombang bahkan pecah secara tiba-tiba, maka kemungkinan besar terjadi popping.

Popping merupakan kondisi meledaknya lantai ubin karena beberapa faktor. Kondisi ini bahkan bisa dijumpai pada rumah yang baru dibangun.

Beberapa faktor bisa memicu terjadinya ubin pooping. Faktor pertama adalah karena cuaca.

Bila ubin rumah Anda berada di area yang terpapar sinar matahari secara langsung, berhati-hatilah.

Sinar matahari akan menghasilkan panas yang menyebabkan ubin mengembang. Apabila perekat tidak kuat, ubin dapat popping dan pecah.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Lantai Kayu Solid dan Kayu Laminasi

Memasang ubin di area yang memiliki kelembaban tinggi juga bisa menyebabkan popping. Hal tersebut karena ubin bisa membengkak lantaran menyerap banyak uap air.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alasan lainnya adalah karena masalah konstruksi. Kemungkinan besar, campuran semen yang menjadi dasarnya memiliki kualitas buruk sehingga saat ubin diletakkan, tidak ada ikatan yang kuat.

Hal selanjutnya yang bisa memicu keretakan adalah kualitas ubin yang dipilih buruk sehingga rentan pecah.

Hindari membeli ubin yang memiliki pori-pori besar karena akan mudah menyerap air sehingga lama kelamaan bisa mengalami popping,

Sebaiknya membeli ubin baru. Meskipun terkadang ubin model lama memiliki harga lebih terjangkau, namun bisa saja lapisan pelindungnya telah hilang.

Pengguna bahan pembersih kimia yang terlalu keras juga dapat menyebabkan daya rekat ubin mengalami penurunan. Karena itu, pilih pembersih lantai yang sesuai.

Baca juga: Gabus, Material Alternatif Lantai Kamar Mandi

Bila menemukan kondisi ini di lantai rumah Anda, segera perbaiki. Semakin lama Anda membiarkannya, kerusakan akan meluas.

Segera ganti ubin dengan yang baru. Pastikan memilih ubin dengan kualitas terbaik agar bisa tahan lebih lama.

Jangan lupa menggunakan tenaga kerja yang terpercaya sehingga tidak ada kesalahan dalam proses pemasangan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X