Teknologi Tumbuh Pesat, Angin Segar Bagi Pasar Properti Asia Pasifik

Kompas.com - 23/06/2021, 16:30 WIB
Ilustrasi Jakarta SHUTTERSTOCKIlustrasi Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertumbuhan teknologi yang terus meningkat turut mengubah pasar properti di kawasan regional Asia pasifik.

Berdasarkan laporan Colliers International, hadirnya perusahaan-perusahaan teknologi baru membuat permintaan properti meningkat.

Managing Director Occupier Services Colliers Asia Sam Harvey-Jones mengungkapkan, sektor teknologi merupakan pelaku utama dari naiknya permintaan sewa kantor di berbagai kota besar Asia Pasifik.

“Permintaan dari perusahaan multinasional tetap menjadi prioritas. Namun diharapkan perusahaan teknologi di Asia Pasifik bisa menaikan permintaan properti kantor selama lima tahun ke depan," ujar Harvey-Jones dalam laporan yang diterima Kompas.com, Selasa (22/06/2021).

Baca juga: Harga Sewa Pusat Perbelanjaan di Dua Pertiga Kawasan Asia Pasifik Anjlok

Saat ini, teknologi telah menjadi salah satu sektor bisnis yang paling penting secara global. Bahkan, sektor ini membentuk 65 persen dari 20 perusahaan publik teratas dunia berdasarkan kapitalisasi pasar.

Colliers memperkirakan pengguna teknologi akan menyumbang 20 persen hingga 25 persen dari total permintaan sewa kantor di wilayah Asia Pasifik selama lima tahun ke depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perusahaan teknologi Asia, terutama perusahaan teknologi China, terpantau sangat aktif berinvestasi di sektor pengembangan real estat.

Pada tahun 2020 saja, beberapa perusahaan teknologi berhasil mengakuisisi aset real estat Asia Pasifik dengan nilai fantastis yakni 10 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 144,4 triliun.

Sementara itu, Direktur Pelaksana, Pasar Modal & Layanan Investasi Colliers Asia Terence Tang menyarankan perusahan-perusahaan di China aktif berinvestasi di bidang properti.

“Perusahaan-perusahaan ini tak hanya menjadi penyewa, namun bisa juga memilikinya. Kami memberikan saran agar bangunan-bangunan lama direnovasi kembali supaya dapat memenuhi kebutuhan pekerjaan di masa depan,” jelasnya.

Halaman:


Sumber Colliers
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X