Atap Sirap atau Logam, Mana yang Lebih Baik?

Kompas.com - 21/06/2021, 22:00 WIB
Ilustrasi atap rumah Unsplash/Jacques BoppIlustrasi atap rumah

KOMPAS.com - Menentukan jenis atap sangat penting ketika sedang membangun sebuah hunian. Mulai dari biaya, desain hingga biaya perawatan harus menjadi pertimbangan.

Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui bahwa terdapat dua jenis atap yang cukup populer di kalangan masyarakat yakni atap logam dan atap sirap.

Sesuai namanya, atap logam terbuat dari campuran logam yakni campuran seng dan almunium.

Sementara atap sirap umumnya terbuat dari bahan kayu. Baik atap metal dan atap sirap memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Baca juga: Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Atap Sirap untuk Rumah

Salah satu keuntungan dari atap logam adalah beratnya yang ringan. Ini akan mempermudah dalam proses pemasangan terutama ketika hendak diangkat ke atas.

Karena strukturnya yang ringan, atap logam tidak membebani dan memberikan tekanan berlebihan sehingga turut menjaga kekokohan bangunan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kelebihan berikutnya dari atap logam adalah umur pemakaiannya yang cukup panjang.

Bila memiliki kualitas bahan yang bagus dan proses perawatannya baik, atap jenis ini dapat bertahan minimal 50 tahun hingga tanda-tanda kerusakan mulai terlihat.

Meskipun atap berbahan logam memiliki harga beli lebih mahal namun Anda hanya mengeluarkan biaya besar pada awal pemasangan. Artinya dalam jangka panjang, penggunaan atap metal jauh lebih ekonomis.

Alasan lainnya yang bisa Anda jadikan pertimbangan saat memilih atap logam adalah sifatnya yang tahan terhadap kebakaran.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X