PPKM Mikro Berlaku Selasa, 75 Persen Karyawan di Zona Merah Wajib WFH

Kompas.com - 21/06/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi ruang kantor SHUTTERSTOCKIlustrasi ruang kantor

JAKARTA, KOMPAS.com - Kegiatan perkantoran di zona merah diwajibkan menerapkan work from home (WFH) atau bekerja dari rumah bagi 75 persen karyawan.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga hartanto mengatakan hal ini dalam konferensi pers virtual, Senin (21/06/2021).

"Di zona merah, ini WFH-nya 75 persen," ujar Airlangga.

Ini merupakan bagian dari aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang akan berlaku selama dua minggu ke depan atau mulai Selasa (22/06/2021) hingga Senin (05/07/2021).

Sementara sisanya atau 25 persen karyawan dapat work from office (WFO) atau bekerja dari kantor.

Baca juga: Jangan Lakukan 5 Kesalahan Mendesain Ruang Kantor

Airlangga mengatakan, untuk zona non-merah, karyawan yang bekerja di kantor maupun dari rumah masing-masing kapasitas yang diberlakukan sebesar 50 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski begitu, WFO harus dilakukan dengan penerapakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat dan pengaturan kerja bergiliran.

Ini dimaksudkan agar karyawan tidak melakukan mobilitas atau perjalanan ke daerah lain.

Ketentuan tersebut nantinya akan diatur lebih lanjut baik dari Kementerian/Lembaga (K/L) maupun Pemerintah Daerah (Pemda).

Selain itu, pembatasan juga diberlakukan bagi mal atau pusat perbelanjaan, pasar, dan pusat pedagangan lainnya hingga pukul 20.00 WIB.

Aturan ini juga berlaku di restoran, warung makan, kafe, dan pedagang kaki lima jalanan, baik berdiri sendiri (stand-alone) maupun di dalam mal.

Selain jam operasional, pengunjung juga dibatasi dengan kapasitas maksimal 25 persen dari total ruangan untuk dine-in (makan di tempat).

Sementara sisanya dapat menggunakan layanan delivery (pesan-antar) maupun take-away (makan atau minum bawa pulang).

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X