Tiga Venue Tambahan PON Papua Gunakan Material Lokal, Begini Progresnya

Kompas.com - 20/06/2021, 16:00 WIB
Venue PON XX Papua 2021 Kementerian PUPRVenue PON XX Papua 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga venue tambahan untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua tahun 2021, masih terus dikerjakan.

Ketiga arena olahraga tersebut adalah venue Sepatu Roda, Dayung, dan Panahan yang saat ini sudah dalam tahap akhir konstruksi dan ditargetkan selesai seluruhnya pada 31 Juli 2021.

Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti mengatakan pembangunan ketiga venue PON XX ini dilakukan dengan memaksimalkan penggunaan komponen dalam negeri.

Baca juga: Ada Usulan Pemuda Papua Dilibatkan dalam Pengelolaan Venue PON

Diana berpesan untuk menggunakan produk dalam negeri, jangan terlalu cepat untuk mengimpor bahan material jika masih ada produk dalam negeri.

"Tadi disampaikan untuk beberapa komponen ada yang impor, tetapi masih dalam taraf wajar. Misalnya lintasan Sepatu Roda dari Korea, tetapi secara keseluruhan perbandingannya masih 70 persen produk dalam negeri," tutur Diana dalam keterangan tertulis, Minggu (20/06/2021).

Venue PON XX Papua 2021Kementerian PUPR Venue PON XX Papua 2021
Ketiga venue tambahan tersebut mulai dikerjakan Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Papua, Ditjen Cipta Karya sejak 25 Februari 2020 dengan progres seluruhnya hingga 17 Juni 2021 mencapai mencapai 92,40 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetipo berpesan agar dalam menyelesaikan pembangunan di sisa waktu kurang dari dua bulan ke depan tetap memperhatikan mutu dan kualitas .

Baca juga: Ruang Kreatif Buat Pemuda Papua Dibangun Bersamaan dengan Gelaran PON

"Kita harapkan 3 venue yang masih dalam tahap pembangunan dapat selesai sesuai target akhir Juli 2021. Kerja lebih keras sampai pelaksanaan PON XX tetapi tetap menjaga kualitas," ujar Wamen Wempi di Jayapura, beberapa waktu lalu.

Sebelumnya Kementerian PUPR telah menyelesaikan empat venue utama yakni arena Aquatic dan Istora Papua Bangkit di kawasan olahraga Kampung Harapan dan venue Cricket dan lapangan Hockey (indoor dan outdoor) di kompleks olahraga Doyo Baru.

Keempatnya sudah diserahterimakan kepada Pemerintah Provinsi Papua.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X