Ruang Kreatif Buat Pemuda Papua Dibangun Bersamaan dengan Gelaran PON

Kompas.com - 17/06/2021, 08:00 WIB
Rencana desain Youth Creative Hub di Kota Jayapura, Provinsi Papua. Dok. Kementerian PUPR.Rencana desain Youth Creative Hub di Kota Jayapura, Provinsi Papua.

JAKARTA, KOMPAS.com - Konstruksi pusat pengembangan kreativitas pemuda-pemudi Papua atau Papua Youth Creative Hub di Jayapura, Provinsi Papua, akan dimulai Oktober 2021 mendatang.

Pembangunan infrastruktur ini menindaklanjuti kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Papua pada Oktober 2019 lalu.

Hal ini juga merupakan amanat Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Pembangunan Papua Youth Creative Hub akan mencakup 60 persen lahan hijau dan 40 persen massa bangunan.

Baca juga: Mengintip Persiapan Venue PON XX Papua Tahun Ini

Fungsi lahan hijau ini tidak hanya sebagai area penyerapan air, tetapi juga diharapkan dapat membentuk micro-climate yang menguntungkan bagi masyarakat yang memanfaatkan infrastruktur itu.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) John Wempi Wetipo mengatakan, pembangunan Papua Youth Creative Hub merupakan dukungan pemerintah pusat dalam memberikan porsi lebih banyak ruang kepada anak Papua agar lebih kreatif, berkembang, dan maju.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Selama Pandemi Covid-19, banyak orang bicara tentang kreatif, lompatan teknologi membuat kita harus berubah. Jadi, kalau hari ini ada kemauan besar negara menolong pemuda Papua untuk lebih kreatif, saya pikir ini kesempatan besar untuk berubah," tegas Wempi dalam siaran pers, Rabu (16/06/2021).

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, pembangunan Papua Youth Creative Hub ini sudah dalam tahap lelang.

Rencana desain Youth Creative Hub di Kota Jayapura, Provinsi Papua.Dok. Kementerian PUPR. Rencana desain Youth Creative Hub di Kota Jayapura, Provinsi Papua.
"Sehingga, konstruksi bisa dimulai Oktober 2021 atau saat berlangsungnya Pekan Olahrga Nasional (PON) XX Papua," ucap Diana.

Usulan pembangunan Papua Youth Creative Hub berada di Jalan Poros Abepura atau berjarak sekitar 11 kilometer dari pusat Kota Jayapura dengan total luas lahan 15.000 meter persegi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X