KEK Nongsa Digital Park Ditargetkan Kerek Investasi Rp 16 Triliun

Kompas.com - 13/06/2021, 20:00 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto Kementerian Koordinator Bidang PerekonomianMenteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa Digital Park, di Pulau Batam, Provinsi Kepulauan Riau akan dijadikan sebagai lokasi untuk kegiatan informasi dan informasi (IT) digital serta pariwisata.

KEK Nongsa Digital Park seluas 166,54 hektar ini ditargetkan mendatangkan investasi sebesar Rp 16 triliun.

"Selain itu, da penciptaan lapangan pekerjaan untuk 16.500 tenaga kerja," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam siaran pers yang dikutip Kompas.com, Minggu (13/06/2021).

Airlangga menjelaskan, pengembangan KEK Nongsa Digital Park merupakan brown field project karena sebelum ditetapkan menjadi KEK telah dibangun berbagai akomodasi dan atraksi pariwisata bertaraf internasional.

Baca juga: Nongsa D-Town Diresmikan, Ada Pusat Film dan Animasi ala Hollywood

Di kawasan ini sudah terbangun infrastruktur pendukungnya seperti Turi Beach Resort, Nongsa Point Marina, Nongsa Terminal Bahari, Nongsa Village, dan Infinite Framerwork Studio.

KEK Nongsa Digital Park diharapkan dapat menjadi entry gate bagi pelaku usaha IT global ke perekonomian nasional, menghemat devisa negara dalam bisnis digital hingga Rp 20 triliun sampai Rp 30 triliun per tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu juga ada transfer teknologi sehingga menjadi pusat pengembangan SDM tenaga IT muda Indonesia.

Setelah menjadi KEK, ke depannya akan dikembangkan Movie Town, IT Office, IT Academi, Data Centre Commersial Area, fasilitas dan infrastruktur serta pengembangan Hotel dan Resort.

“Provinsi Kepulauan Riau ini memiliki KEK terbanyak di Indonesia. Kita punya digital hub dari Batam ke berbagai wilayah yang terkoneksi dengan IT. KEK di kawasan ini bisa jadi pilot plan dan mercusuar bagi digital ekonomi di indonesia,” tutur Airlangga.

Selain Nogsa Digital Park, terdapat juga KEK lainnya yaitu KEK Batam Aero Technic (BAT) seluas 30 hektar dengan target investasi sebesar Rp 7,2 triliun dan penciptaan lapangan pekerjaan untuk 9.976 tenaga kerja.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X