Pemda Diminta Segera Bentuk Forum Penataan Ruang

Kompas.com - 13/06/2021, 15:00 WIB
DIrektur Jenderal Penataan Ruang Kementerian ATR/BPN Abdul Kamarzuki Kementerian ATR/BPNDIrektur Jenderal Penataan Ruang Kementerian ATR/BPN Abdul Kamarzuki

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) meminta pemerintah daerah (Pemda) segera membentuk forum penataan ruang.

Direktur Jenderal Tata Ruang Abdul Kamarzuki mengatakan forum penataan ruang tersebut sebagai salah satu prosedur baru dalam proses pemanfaatan ruang dan perizinan berusaha.

Menurut Abdul, hal itu sudah diamanatkan dalam Undang-undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Dengan demikian, dia meminta para Seretaris Daerah (Sekda) untuk segera membentuk yang terdiri dari  terdiri dari anggota Tim Koordinasi Penataan Ruang Daera (TKPRD), termasuk Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) dan Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI).

"Tokoh masyarakat juga harus terlibat, sebagai anggota tetap. Yang lain juga bisa sebagai anggota tidak tetap," kata Abdul dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Minggu (13/06/2021).

Baca juga: Meneropong Manajemen Tata Ruang Indonesia

Abdul menjelaskan bahwa hingga saat ini masih sedikit daerah yang memiliki Rencana Detail Tata Ruang (RDTR).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Forum penataan ruang ini dapat menjadi wadah alternatif baru untuk membuat dokumen Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR).

Bagi daerah yang belum memiliki RDTR atau RDTR-nya belum memenuhi standar untuk masuk ke dalam sistem Online Single Submission (OSS), permohonan lokasi yang dibutuhkan adalah persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) yang akan diproses selama 20 hari kerja.

Jadi nanitnya ketika pelaku usaha masuk pendaftaran ke sistem Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) atau jika di daerah melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), maka mesin/aplikasi akan masuk ke Geographic Information System Tata Ruang (GISTARU).

Selanjutnya GISTARU akan menyebarkan surat permohonan ke Forum Penataan Ruang dan Pertanahan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X