Uji Coba November 2022, Progres Kereta Cepat Jakarta-Bandung 74 Persen

Kompas.com - 07/06/2021, 21:00 WIB
PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menuntaskan salah satu pekerjaan struktur layang atau elevated Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB). KCICPT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menuntaskan salah satu pekerjaan struktur layang atau elevated Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) terus mengebut konstruksi proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Hingga kini, progres pembangunan proyek dengan nilai investasi 6,07 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 86,55 triliun itu sudah mencapai 74 persen.

KCIC menargetkan, uji coba proyek KCJB bakal dilakukan November 2022 mendatang dan beroperasi secara komersial pada Tahun 2023.

Kelak, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) akan mengajak Presiden China Xi Jinping untuk menjajal KCJB.

Baca juga: Penjelasan KCIC soal Jalan Ambles di Samping Terowongan 8 Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan KTT G20, dimana Indonesia menjadi tuan rumah.

General Manager Corporate Secretary KCIC Mirza Soraya mengatakan hal itu seperti dikutip Kompas.com dari Kontan, Senin (07/06/2021).

"Presiden RI Joko Widodo dan Presiden China Xi Jinping dijadwalkan melakukan uji coba kereta cepat pada November 2022," ungkap Mirza.

Untuk diketahui, KCIC berdiri pada Tahun 2015 yang merupakan perusahaan patungan antara konsorsium BUMN melalui PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI) dan konsorsium perusahaan perkeretaapian Tiongkok melalui Beijing Yawan HSR Co Ltd.

Bisnis utama di sektor transportasi publik tersebut melalui skema business to business atau B2B.

KCJB akan akan menempuh jarak sepanjang 142,3 kilometer dengan waktu 36 hingga 44 menit.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.