Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Implementasikan Green Campus, Rektor USU Kunjungi Pabrik Pengolahan Limbah

Kompas.com - 06/06/2021, 06:00 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Bertepatan dengan hari lingkungan hidup sedunia, Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Muryanto Amin mengunjungi pabrik pengolahan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) milik PT Sumatera Deli Lestari Indah di Percutseituan, Kabupaten Deliserdang.

Kedatangannya untuk melihat bagaimana industri mengelola limbah yang ramah lingkungan dan bisa berkelanjutan.

Pasalnya, USU sedang menuju green campus, perlu belajar dan berkolaborasi dengan industri bagaimana caranya mengelola limbah yang aman terhadap lingkungan.

Muryanto menjelaskan, limbah yang dihasilkan USU seperti limbah medis Rumah Sakit USU serta limbah-limbah yang diciptakan laboratorium harus dikelola dengan baik sehingga program green campus bisa terwujud.

Baca juga: Penuhi Standar Green Building, Masjid At Tanwir PP Muhammadiyah Diresmikan

Dia berharap, kolaborasi dengan industri bisa menciptakan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Artinya, dosen dan mahasiswa bisa langsung belajar dari industri.

"Misalnya, dalam enam bulan sekali dosen dan mahasiswa magang di sini. Bagaimana mencari klien dan memanajerial indusri limbah agar juga ada profit secara bisnisnya," katanya, Sabtu (05/06/2021).

General Manager PT Sumatera Deli Lestari Indah Wan Hidayati menyambut kedatangan Muryanto.

Dia mengaku senang bersinergi dengan USU karena kampus ini sangat erat kaitannya dengan konsultan limbah.

"Jadi kami dari industri bisa mendapat feedback untuk pengembangan industri dari segi kajian ilmiah," imbuh Hidayati.

Hidayati menjelaskan, muara kerja sama adalah menciptakan pengelolan limbah B3 yang aman bagi lingkungan dan masyarakat.

"USU harus jadi pionir menghasilkan sumber daya manusia yang profesional agar pengelolaan limbah B3 di Sumut bisa lebih baik lagi," ujarnya.

Dekan Fakultas Teknik Fahmi menambahkan, kedatangan USU ke industri untuk memantapkan kerja sama terutama untuk program studi teknik lingkungan.

Rencananya nanti di teknik lingkungan akan dipasang unit Johkasou untuk pengelolaan limbah cair dan a pirolisis plastic waste to energy yang akan mengubah plastik menjadi bahan bakar.

"Pada prinsipnya fakultas teknik siap mendukung program Pak Rektor untuk menciptakan green campus dan mendukung pemeringkatan USU Greenmatric ke depan," kata Fahmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com