Gugus Tugas Reforma Agraria Fokus pada Food Estate di Kalteng

Kompas.com - 03/06/2021, 14:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Food estate di Kalimantan Tengah menjadi salah satu fokus prioritas Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA).

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Surya Tjandra mengatakan, food estate dibangun dengan tujuan sangat spesifik sebagai lumbung pangan.

"Dan Reforma Agraria memiliki peran penting dalam menyukseskan pembangunan itu," kata dalam keterangan yang dikutip Kompas.com, Kamis (3/6/2021).

Surya menjelaskan, selain food estate, penyelesaian masalah tanah transmigrasi, serta proyek percontohan penyediaan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) dari pelepasan kawasan hutan juga akan diprioritaskan.

Baca juga: Duduk Perkara Sengketa SHM 4931 yang Melibatkan Pejabat BPN dan Mafia Tanah

"Terkait tanah transmigrasi, kebetulan Kalimantan Tengah menjadi salah satu lokasi pilot project percepatan penyelesaian tanah transmigrasi. Ini program strategis nasional (PSN) yang sudah kita emban sejak 2014," terang Surya.

Menurutnya, dalam konteks ketahanan pangan diperlukan peran aktif GTRA pusat maupun daerah.

Berdasarkan pengalaman dan kondisi lapangan, keberhasilan food estate sangat bergantung pada relasi antar-pemangku kepentingan baik pusat maupun daerah, khususnya dengan masyarakat.

Direktur Jenderal Penataan Agraria Andi Tenrisau menambahkan, Reforma Agraria adalah program yang tepat untuk menghadapi persoalan-persoalan yang terkait dengan sumber daya agraria.

Oleh karena itu, pemerintah menginisiasi kegiatan untuk mempercepat Reforma Agraria. Ia berharap, kegiatan-kegiatan tersebut bisa menciptakan kemakmuran masyarakat sebagaimana menjadi tujuan Reforma Agraria.

Baca juga: Sertifikat Tanah 7,78 Hektar di Jakarta Timur Dibatalkan, Ini Penjelasannya

“Kita sudah susun rencana aksinya, didahului dengan kegiatan persiapan, yang dilakukan adalah menghitung semua sumber-sumber TORA di tempat kita inventarisasi," kata Andi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.