Tahun 2030, BUMD Air Minum yang Dikategorikan Sehat 85 Persen

Kompas.com - 03/06/2021, 14:00 WIB
Ilustrasi air, keran air. FREEPIK/WIRESTOCKIlustrasi air, keran air.

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) air minum di Indonesia ditargetkan mencapai kategori sehat pada Tahun 2030 sebesar 85 persen.

Direktur Air Minum Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Yudha Mediawan mengatakan hal ini dalam paparannya di Jakarta, Rabu (02/06/2021).

"Hal ini untuk mengintervensi atau mengangkat PDAM sehat 100 persen, minimal 85 persen kita bisa mencakup di sana," ucap Yudha.

Ini juga bertujuan untuk memberikan akses air minum aman bagi masyarakat pada tahun tersebut agar bisa terpenuhi.

Hingga kini, BUMD air minum kategori sehat baru mencapai 62 persen, kurang sehat sebesar 25 persen, serta sakit mencapai 12 persen.

Menurut Yudha, ini merupakan pekerjaan rumah yang cukup banyak dan bisa berkembang dengan sendiri tanpa ada intervensi dari segala pihak, baik itu Pemerintah maupun para pemangku kepentingan terkait.

Baca juga: 50.718 Pegawai BUMD Air Minum Belum Tersertifikasi, Peta Jalan Pun Diluncurkan

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, dibutuhkan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) BUMD air minum yang tersertifikasi untuk mencapai BUMD Air Minum sehat tersebut.

Untuk meningkatkan SDM BUMD Air Minum tersertifikasi, Kementerian PUPR telah bekerja sama dengan Swiss State Secretariat for Economic Affairs (SECO) dan Lembaga Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) meluncurkan peta jalan.

Dengan peta jalan peningkatan kapasitas SDM BUMD air minum ini diharapkan dapat menjadi acuan bersama dalam menyusun kebijakan teknis terkait hal tersebut.

Deputy Head of SECO Indonesia Andrea Zbinden mengatakan, Pemerintah Swiss merasa bangga karena dapat berkontribusi pada pengembangan peta jalan SDM BUMD air minum ini.

Menurut dia, hal ini dapat memperkuat rekam jejak antara Swiss dan Indonesia dalam bidang SDM.

“Kami berharap peta jalan ini berdampak lebih luas dan dengan memperkuat kapasitas kelembagaan dan kinerja BUMD Air Minum,” terang Andrea.

Dengan begitu, hal ini tentunya bakal meningkatkan kapasitas air minum bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X