Mulai 3 Juni, Bandara Jenderal Besar Soedirman Resmi Beroperasi Komersial

Kompas.com - 03/06/2021, 08:00 WIB
Desain Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, mengadopsi konsep dynamic meets geometric. DOKUMENTASI AP IIDesain Bandara Jenderal Besar Soedirman di Purbalingga, Jawa Tengah, mengadopsi konsep dynamic meets geometric.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Jenderal Besar (JB) Soedirman di Kabupaten Purbalingga, Provinsi Jawa Tengah resmi beroperasi secara komersial mulai Kamis (03/06/2021).

Hal ini diketahui dari video yang diunggah oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam akun Twitter resminya @ganjarpranowo.

"Alhamdulillah, satu lagi bandara beroperasi di Jawa Tengah, yaitu Bandara JB. Soedirman Purbalingga," tulis Ganjar.

Menurut Ganjar, Bandara JB Soedirman ini akan memudahkan akses ke Jawa Tengah bagian tengah.

Baca juga: Sisi Udara Rampung, Bandara Jenderal Besar Sudirman Ditargetkan Layani 98.000 Penumpang Per Tahun

Kehadiran Bandara JB Soedirman membuat Jawa Tengah semakin terkoneksi dengan empat bandara komersial seperti Bandara Ahmad Yani, Bandara Adi Sumarmo, Bandara Tunggul Wulung.

Selain Bandara JB Soedirman, akan ada satu tambahan bandara yang segera beroperasi di Jawa Tengah yakni, Ngloram Blora yang sudah diuji coba.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk diketahui, bandara ini dibangun selama 2 tahun yakni, 2019 hingga 2021 yang dikelola oleh PT Angkasa Pura II (Persero).

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga, Bandara JB Soedirman dibangun di atas lahan seluas 115 hektar oleh PT Hutama Karya (Persero) dengan nilai kontrak sebesar Rp 231 miliar.

Konstruksi Tahap I ini terdiri dari pekerjaan runway sepanjang 1.600 meter dan lebar 30 meter, taxiway, apron, serta terminal penumpang dengan kapasitas 98.812 penumpang per tahun.

Pesawat yang bisa dilayani adalah ATR 72-600 atau sejenis dengan kapasitas 78 penumpang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X