Kompas.com - 31/05/2021, 16:00 WIB
Sendang Sengon, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah. Dok. Kementerian PUPR.Sendang Sengon, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menuntaskan revitalisasi destinasi wisata di Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

Keempat destinasi wisata di daerah itu yang telah rampung direvitalisasi yaitu Sirkuit Kedungrejo, Sendang Sengon, Tuk Mulyo, dan Makan Makukuha.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Revitalisasi keempat destinasi wisata ini dilaksanakan pada Tahun Anggaran (TA) 2020 dan saat ini siap diresmikan.

Selain itu, revitalisasi tersebut sudah diserahterimakan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) pada Februari 2021 lalu.

Baca juga: Banyak Peminat, Pemerintah Bakal Bangun Rusunawa Lagi di Temanggung

Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, revitalisasi destinasi wisata ini diharapkan dapat menjadi magnet bagi wisatawan.

Makam Makukuhan, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.Dok. Kementerian PUPR. Makam Makukuhan, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.
“Revitalisasi ini diharapkan dapat menggerakkan roda perekonomian lokal di Temanggung melalui sektor pariwisata yang juga akan berdampak pada perekonomian nasional,” tutur Diana dikutip dari keterangan tertulis, Senin (31/05/2021).

Diana menuturkan, pembangunan sarana dan prasarana yang memadai bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman dan memudahkan akses bagi pengunjung.

Revitalisasi wisata Sirkuit Kedungrejo di Desa Kedungumpul, Kecamatan Kandangan dilaksanakan pada 6 Juli-2 November 2020 dengan anggaran Rp 1,59 miliar.

Lingkup pekerjaan revitalisasi ini meliputi pekerjaan parkir, jembatan, pedestrian, area bordes, tangga, pendopo, lavatory, railing tangga, tiang lampu, serta pekerjaan mekanikal elektrikal plumbing (MEP).

Revitalsiasi empat destinasi wisata Tuk Mulyo, TemanggungKementerian PUPR Revitalsiasi empat destinasi wisata Tuk Mulyo, Temanggung
Lalu revitalisasi wisata Sendang Sengon di Desa Banjarsari dilaksanakan pada 20 Juli-25 November 2020 dengan anggaran Rp 1,19 miliar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.