Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Layanan Bus Royaltrans Aktif Lagi, Tarifnya Rp 20.000

Kompas.com - 27/05/2021, 12:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Transjakarta membuka kembali dua layanan premium Royaltrans yakni rute Summarecon Bekasi-Kuningan (B14) dan rute Summarecon Bekasi-Blok M (B13).

Kedua layanan tersebut efektif melayani masyarakat kembali mulai Kamis (27/05/2021) pada hari kerja yakni Senin-Jumat dengan jam operasional pagi pukul 06.00-08.00 WIB dan sore mulai pukul 16.00-19.00 WIB.

Plt. Direktur Operasional PT Transjakarta Welfizon Yuza mengatakan, penyelenggaraan angkutan premium ini merupakan tindaklanjut dari Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta Nomor 223 tahun 2019 tentang Trayek Bus Besar Layanan Transjakarta.

Baca juga: Berikut Perubahan Jam Operasional Transjakarta di Masa PPKM Mikro

Re-aktivasi kedua rute Royaltrans tersebut juga sejalan dengan harapan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk membawa Ibukota DKI Jakarta bangkit dari pandemi Covid-19 secara perlahan.

Adapun pengaktifan kembali kedua layanan Royaltrans ini beriringan dengan tema ‘Jakarta Bangkit’ yang diusung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta saat pencanangan hari ulang tahun (HUT) DKI Jakarta ke-494.

Welfizon menuturkan, Transjakarta sebagai BUMD yang bergerak di sektor transportasi perlahan berusaha bangkit baik dari sisi layanan, rute, hingga penyediaan fasilitas yang canggih dan aman digunakan di masa pandemi.

"Kami terus berupaya agar semua pelanggan terlayani semaksimal mungkin dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat,” kata Welfizon dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Kamis (27/05/2021).

Transjakarta menyediakan sebanyak lima unit armada pada masing-masing rute.

Semua armada dipastikan sudah memenuhi semua protokol kesehatan seperti bersihkan menggunakan cairan disinfektan secara berkala.

Juga terpasang tanda jarak aman di kursi, pembatasan jumlah pelanggan yakni 50 persen dari kapasitas normal atau maksimal diisi oleh 15 orang, hingga ketersediaan hand sanitizer di dalam bus yang dapat digunakan oleh pelanggan.

Untuk menikmati layanan ini, pelanggan dikenakan tarif Rp 20.000 untuk sekali jalan.

“Saat ini pemesanan tiket Royaltrans melalui aplikasi TIJE juga telah kami perbarui, di mana validasi tiketnya akan lebih akurat. Sehingga tidak ada kemungkinan double baik pada tiket maupun pemilihan kursi ketika melakukan pemesanan,” paparnya.

Pelanggan yang sudah memesan tiket akan mendapatkan pesan pemberitahuan untuk melakukan konfirmasi 30 menit jelang waktu keberangkatan.

Upaya peningkatan lainnya akan terus dilakukan pada seluruh layanan Transjakarta baik Bus Rapid Transit (BRT) maupun Non BRT.

“Kami berharap, Transjakarta kembali bangkit dan melayani masyarakat dalam kondisi normal secepatnya sesuai cita-cita Pemprov DKI Jakarta. Bersama kita bisa,” tutupnya.

Sebagai tambahan, dengan dibukanya keempat rute ini sehingga saat ini sudah ada sebanyak 155 rute Trasjakarta yang beroperasi di saat pandemi. Ke depannya, perseroan akan membuka rute-rute lainnya secara bertahap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com