Tahun Ini, 105.071 Bidang Tanah di Kalimantan Barat Terdaftar Lengkap

Kompas.com - 27/05/2021, 06:00 WIB
Hingga 2021, Kanwil BPN Provinsi Kalimantan Barat Catat Total Lakukan Pendaftaran 105.071 Bidang Tanah ATR BPNHingga 2021, Kanwil BPN Provinsi Kalimantan Barat Catat Total Lakukan Pendaftaran 105.071 Bidang Tanah

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Bidang Penataan dan Pemberdayaan Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Provinsi Kalimantan Barat Leo Latumena mengatakan hingga tahun 2021 telah melakukan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) sebanyak 105.071 bidang tanah.

"Adapun capaian Kanwil BPN Provinsi Kalimantan Barat, program PTSL sebanyak 105.071 bidang," kata Leo dalam keterangan yang dikutip Kompas.com, Rabu (26/05/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurutnya, selain pendaftaran PTSL, Kanwil BPN Provinsi Kalimantan Barat juga memiliki program strategis lainnya yaitu redistribusi tanah, konsolidasi tanah, dan pengadaan tanah.

Baca juga: Proyek Percontohan TORA Diharapkan Hasilkan Redistribusi Tanah Berkelanjutan

Hingga tahun ini, total redistribusi tanah sebanyak 68.887 bidang, Barang Milik Negara (BMN) 1.200 bidang, Sertipikat Hak Atas Tanah (SHAT) 2.378 bidang.

"Program ini sangat strategis sekali. Terletak di daerah kawasan perbatasan," jelasnya.

Untuk diketahui, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) bersama Komisi II DPR RI kembali menyelenggarakan Sosialisasi Program Strategis di Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (25/05/2021).

Materi sosialisasi kali ini adalah pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan Reforma Agraria di Kabupaten Landak.

Dalam kesempatan tersebut, Anggota Komisi II DPR RI Cornelis menyerahkan sertipikat tanah kepada 10 orang perwakilan masyarakat Kabupaten Landak.

Cornelis berharap masyarakat yang hadir dalam kegiatan ini dapat kembali menyosialisasikan program-program terkait pertanahan.

Ia juga berkomitmen untuk menjadi mitra dan mendukung Kementerian ATR/BPN bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Landak.

Dengan demikian, Program PTSL diharap akan bisa selesai dengan cepat.

"Saya adalah mitra dan mendukung BPN lebih baik. Karena PTSL ini adalah program strategis nasional. Kita bisa selesaikan 3 tahun di Kabupaten Landak. Kami membantu Kementerian ATR/BPN dalam rangka menyelesaikan hal seperti ini," tegas Cornelis.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.