Provinsi Sulawesi Tenggara Siap Jadi Tuan Rumah GTRA Summit 2021

Kompas.com - 26/05/2021, 17:00 WIB
Provinsi Sulawesi Tenggara Siap Jadi Tuan Rumah GTRA Summit 2021 ATR BPNProvinsi Sulawesi Tenggara Siap Jadi Tuan Rumah GTRA Summit 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Tahun 2021 atau GTRA Summit 2021.

Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi memastikan kegiatan ini terlaksana dengan baik dan benar sehingga persoalan pertanahan dan tata ruang di Indonesia bisa teratasi sesuai dengan regulasi dan Undang-Undang yang berlaku.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Paling tidak sekian persennya dari seluruh permasalahan yang ada bisa teratasi,” kata Ali dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Rabu (26/05/21).

Rencananya, GTRA Summit 2021 akan digelar pada September atau paling lambat Oktober 2021 dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Kantor Pertanahan Klaten Dilalap Api, Buku Tanah Dipastikan Aman

Wakil Menteri Aggraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)
Surya Tjandra menambahkan, demi keberhasilan pelaksanaan GTRA Summit Tahun 2021 dibutuhkan kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah serta pemahaman masalah yang mendalam.

“Saya kira kombinasi itu yang dimiliki oleh Pak Gubernur dan teman-teman di Provinsi Sulawesi Tenggara,” kata dia.

Surya menjelaskan, Kementerian ATR/BPN selaku pemerintah pusat siap menyediakan fasilitas dan sarana komunikasi dengan Kementerian/Lembaga lain di tingkat pusat.

Dukungan juga diwujudkan dalam bentuk koordinasi dan konsolidasi dengan kementerian/lembaga terkait.

Selain itu, perlu juga seluruh pihak yang terlibat merumuskan masalah dengan matang, supaya dapat menemukan peluang untuk menciptakan suatu sistem bisnis proses yang seamless, dan lengkap.

Baca juga: Sumatera Selatan Ditetapkan Jadi Percontohan Tanah Obyek Reforma Agraria

"Terutama untuk memberikan kepastian hukum baik bagi masyarakat dan dunia usaha, khususnya bagi masyarakat adat dan tradisional seperti yang bisa kita temukan di Sulawesi Tenggara ini,” tutur Surya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.