Kompas.com - 21/05/2021, 12:14 WIB
. SHUTTERSTOCK.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memaksa para pekerja profesional di seluruh dunia untuk meninggalkan kantor mereka dan pindah ke aktivitas jarak jauh.

Berdasarkan laporan InsureMyTrip yang dilansir Forbes, pandemi telah mengakibatkan para pekerja mencoba gaya hidup baru sebagai digital nomad.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Digital nomad adalah orang yang menggunakan teknologi dalam aktivitasnya dan bekerja di lokasi yang berbeda atau berpindah-pindah.

Istilah digital nomad ini berbeda dengan pekerja remote. Seorang digital nomad bekerja secara digital atau menggunakan perangkat online dari tempat mana pun yang mereka pilih sendiri.

Baca juga: Merespons Program “Work From Bali”, Pengembang Siap Sambut Digital Nomad

Lebih dari itu, mereka juga bekerja berpindah tempat sambil melakukan gaya hidup.

Misalnya bekerja sambil menikmati pantai, gunung dan keindahan alam lainnya dan bahkan bekerja dari restoran dengan makanan terenak di dunia.

Menarik Wisatawan Mancanegara

Melihat fenomena tersebut, banyak negara yang akhirnya menjadikan digital nomad sebagai kesempatan untuk menarik wisatawan mancanegara.

Kawasan pedesaan dan perkotaan juga disiapkan, sejumlah aturan berikut dengan kemudahannya juga diberikan oleh negara tersebut.

Misalnya, Barbados dan Bermuda baru-baru ini bergabung dengan negara lain di seluruh dunia dalam meluncurkan program visa kerja jarak jauh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.