Kompas.com - 20/05/2021, 13:15 WIB
Persimpangan Jalan Tol Ha Long-Van Don di Vietnam utara  VnExpressPersimpangan Jalan Tol Ha Long-Van Don di Vietnam utara

JAKARTA, KOMPAS.com - Vietnam, jiran Indonesia dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia, tengah membuat rencana induk atau master plan 2030 untuk pengembangan infrastruktur transpotasi.

Dilansir dari e.vnexpress.net, Kementerian Perhubungan mengumumkan rencana induk 2030 untuk infrastruktur transportasi senilai 65 miliar dolar AS atau Rp 927,7 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anggaran sebesar ini akan digunakan untuk renovasi infrastruktur jalan raya, pembangunan jalan tol, kereta api, jalur air pedalaman, laut dan udara.

Agar masterplan tersebut terlaksana pada periode 2021-2030 dan dengan visi hingga 2050, Departemen Perhubungan dan Institut Strategi di bawah Kementerian Perhubungan Vietnam membuat tiga proposal berbeda.

Baca juga: Lewat Batang, Indonesia Bersaing Ketat dengan Thailand, Vietnam, dan Kamboja

Proprosal pertama menelan biaya sekitar 43,3 miliar dollar AS (Rp 613 triliun) atau 1,1 persen dari PDB negara tersebut.

Anggaran ini khusus digunakan untuk membangun jalan tol sepanjang 5.000 kilometer, menyelesaikan Bandara Internasional Long Thanh, yang terbesar di Vietnam setelah selesai di Provinsi Dong Nai yang berbatasan dengan Kota Ho Chi Minh.

Kemudian Pelabuhan Lach Huyen, pelabuhan laut dalam di kota pelabuhan utara Hai Phong, dan dua rute kereta api berkecepatan tinggi antara Hanoi dan Vinh, Ibu Kota Provinsi Nghe An tengah utara, dan Kota Ho Chi Minh dan Nha Trang, kota pantai di Provinsi Khanh Hoa tengah-selatan.

Selanjutnya, proposal kedua dengan perkiraan biaya investasi mencapai 53,13 miliar dollar AS atau 1,3 persen dari PDB.

Baca juga: Basuki Curhat, Infrastruktur Indonesia Masih Kalah dari Vietnam, Thailand dan Malaysia

Anggaran pembangunan kedua ini digunakan untuk menyelesaikan 5.000 kilometer jalan tol, membangun dua kereta api berkecepatan tinggi, bersama dengan penyelesaian dua ruas rel kereta api yang menghubungkan Pelabuhan Lach Huyen dengan Terminal Peti Kemas Internasional Tan Cang-Cai Mep di Provinsi Ba Ria-Vung Tau yang berbatasan dengan Kota Ho Chi Minh.

Pekerjaan lainnya adalah renovasi jalan dan jembatan kereta api melintasi Sungai Duong di Hanoi, pengerukan saluran air antara Kota Hai Phong dan Provinsi Phu Tho yang berbatasan dengan Hanoi untuk melayani kapal kontainer, dan peningkatan Kanal Cho Gao yang menghubungkan Kota Ho Chi Minh dan Delta Mekong serta Cai Mep.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.