Beroperasi 2022, Intip Progres Pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kompas.com - 18/05/2021, 21:00 WIB
60 batang rel kereta cepat asal China dikirimkan ke Depo Kereta Cepat Tegalluar, masuk tahap pengelasan. KCIC60 batang rel kereta cepat asal China dikirimkan ke Depo Kereta Cepat Tegalluar, masuk tahap pengelasan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau secara langsung perkembangan pembangunan proyek strategis nasional (PSN) Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Selasa (18/05/2021).

Saat ini, perkembangan konstruksi proyek tersebut telah mencapai 73 persen dari keseluruhan proses pembangunan yang ditargetkan selesai pada akhir tahun 2022.

Presiden mendapat laporan perkembangan terbaru tersebut, di mana awal tahun depan sudah masuk masa persiapan untuk operasi.

Baca juga: Senin Siapkan Perjalanan Anda, Ada Uji Coba Kendaraan Pengangkut Rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung

"Diharapkan nanti pada akhir tahun 2022 KCJB sudah bisa diujicobakan, tentu saja setelah uji coba langsung masuk ke operasional," kata Presiden di lokasi Tunnel #1 KCJB, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat, Selasa (18/05/2021).

PT Kerta Cepat Indonesia China (KCIC) terus mengebut sejumlah pengerjaan sarana dan prasarana untuk menunjang operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Proyek tersebut ditargetkan bisa selesai pada tahun 2022 mendatang.Dokumentasi PT KCIC PT Kerta Cepat Indonesia China (KCIC) terus mengebut sejumlah pengerjaan sarana dan prasarana untuk menunjang operasional Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Proyek tersebut ditargetkan bisa selesai pada tahun 2022 mendatang.
Peninjauan diawali di lokasi Casting Yard #1 di Kelurahan Warunghaja, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, yang merupakan fasilitas seluas 165.500 meter persegi.

Lokasi ini merupakan tempat untuk memproduksi box girder  yang kemudian didistribusikan ke area Jakarta-Karawang selama proses pembangunan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Struktur Layang Terpanjang Kereta Cepat Jakarta Bandung Sukses Tersambung

Di lokasi tersebut, Presiden juga melakukan inspeksi dan memperoleh pemaparan perkembangan pembangunan.

Presiden menerima kabar perkembangan pembangunan yang berlangsung di sejumlah titik, yakni Stasiun Halim, Tunnel #6, dan Track Laying Base melalui konferensi video.

Presiden Joko Widodo meninjau lokasi proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang berada di Kelurahan Warungharja, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Selasa (18/5/2021). Dok. Sekretariat Presiden Presiden Joko Widodo meninjau lokasi proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang berada di Kelurahan Warungharja, Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Selasa (18/5/2021).
Dari titik peninjauan pertama, Kepala Negara dan rombongan terbatas bergerak menuju lokasi peninjauan selanjutnya yang berada di Tunnel #1 KCJB.

Terowongan dengan panjang keseluruhan mencapai 1.885 meter tersebut melintas di bawah Tol Jakarta-Cikampek.

Baca juga: KCIC Klaim Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Serap 10.537 Pekerja Lokal

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X