Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MRT Jakarta Kembali Beroperasi Normal, Berikut Jadwalnya

Kompas.com - 18/05/2021, 19:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta kembali memberlakukan jadwal operasional kereta secara normal mulai hari Senin, 17 Mei 2021.

Hal itu seiring dengan berakhirnya masa libur Idul Fitri dan masuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro yang ditetapkan pemerintah sebagai strategi baru untuk mengurangi potensi penyebaran virus Covid-19.

Plt Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta (Perseroda) Ahmad Pratomo mengatakan waktu operasional MRT Jakarta ini ditetapkan berdasarkan Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta nomor 157 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pembatasan Kapasitas Angkut dan Waktu Operasional Sarana Transportasi Dalam Rangka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro.

Baca juga: MRT Jakarta Tetap Beroperasi Saat Idulfitri, Ini Jadwalnya

"Setelah berakhirnya libur Idul Fitri, MRT Jakarta memberlakukan operasional kereta secara normal sejak kemarin, Senin 17 Mei 2021," kata Pratomo dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Selasa (18/05/2021).

Pratomo menjelaskan, jam operasional Senin-Jumat (hari kerja) pukul 05.00 WIB sampai dengan pukul 23.00 WIB dan Sabtu-Minggu (akhir pekan) atau hari libur pukul 06.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB.

Sementara jarak antar-kereta (headway) pada hari kerja setiap lima menit untuk jam sibuk (07.00 WIB-09.00 WIB dan 17.00 WIB-19.00 WIB) dan tiap 10 menit di luar jam sibuk.

Selanjutnya, akhir pekan atau hari libur jarak antar-kereta setiap 10 menit.

Selama PPKM, PT MRT Jakarta memberlakukan pembatasan jumlah pengguna sebanyak 70 orang per kereta (gerbong).

Pratomo menyebutkan usai Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Idul Fitri 2021 tercatat pada Senin 17 Mei 2021 sebanyak 31.368 penumpang melakukan perjalanan menggunakan MRT Jakarta.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan dibandingkan pada Hari Raya Idul Fitri (13-14 Mei 2021) dengan total sebanyak 25.521 penumpang.

PT MRT Jakarta tetap mengimbau masyarakat untuk disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan MRT Jakarta, seperti kewajiban memakai masker, menjaga jarak antar pengguna, rajin mencuci tangan, serta tidak berbicara, baik satu atau dua arah, selama di dalam kereta dan area peron stasiun.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai kebijakan jadwal operasional MRT Jakarta, masyarakat dapat akses melalui akun media sosial MRT Jakarta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com