Gubernur NTT Ingin Tenau Jadi Pelabuhan Laut Favorit dan Modern

Kompas.com - 18/05/2021, 18:00 WIB
Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat mendorong PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tenau Kupang berkomitmen mengembangkan pelabuhan Tenau Kupang menjadi salah satu pelabuhan favorit dan modern. Sigiranus Marutho Bere/Kompas.comGubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat mendorong PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tenau Kupang berkomitmen mengembangkan pelabuhan Tenau Kupang menjadi salah satu pelabuhan favorit dan modern.

KUPANG, KOMPAS.com - Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat mendorong PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Tenau Kupang berkomitmen mengembangkan pelabuhan Tenau Kupang menjadi salah satu pelabuhan favorit dan modern.

“Tenau kita siapkan dan harus kita kembangkan menjadi salah satu pelabuhan favorit dan modern, yang wajib dilengkapi peralatan bagus serta sistem IT yang dapat bekerja dengan maksimal," ujar Viktor saat audiensi dengan General Manager PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) Cabang Kupang Agus Nazar di ruang kerja Gubernur, Kupang, Senin (17/5/2021).

Menurut Viktor, pelabuhan menjadi salah satu sektor penting dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi, sosial, budaya serta pemerintahan.

Baca juga: Belum Dua Bulan Diresmikan, Dermaga II Pelabuhan Bolok Kupang Ambruk

Sehingga infrastruktur dan fasilitas pelabuhan serta kualitas sumber daya manusia (SDM) haruslah yang terbaik.

“Buat perencanaan yang baik. Sumber daya manusia harus yang terbaik. Crane yang sudah tidak layak jangan dipakai lagi tapi harus diganti dengan yang baru serta Depo Kontainer yang tersedia saat ini harus didata dan ditata dengan baik,” ujar Viktor.

Selain itu, Viktor juga mengingatkan potensi daerah berupa kekayaan alam maupun produk-produk lokal yang bisa dijual ke daerah lain dapat dioptimalkan melalui pengiriman via pelabuhan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Supaya jangan hanya produk dari luar saja yang masuk. Tapi yang saya lihat banyak komoditi lokal yang berkualitas ekspor belum dikelola dengan baik. Semua produk lokal harus kita dorong agar pendapatan daerah juga dapat meningkat,” imbuh Viktor.

Dia berpesan agar pimpinan beserta jajaran karyawan PT Pelindo III Cabang Tenau Kupang untuk tetap bekerja keras membangun Provinsi NTT menuju ke arah lebih baik lagi ke depannya.

Sementara itu GM Pelindo III Cabang Tenau Kupang Agus Nazar mengaku siap bersama tim bekerja kreatif dalam membenahi dan meningkatkan pengoperasian Pelabuhan Tenau.

“Terima kasih kepada Bapak Gubernur atas arahannya. Saya bangga bisa bergabung dengan tim pembangunan di bawah komando Bapak," kata Agus.

Bersama jajaran Pelindo Tenau Kupang, Agus, siap membenahi serta meningkatkan segala potensi yang ada di NTT. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X