Mobilisasi Lahan 8 Ruas Tol Trans-Sumatera, Hutama Karya Butuh Rp 4,6 Triliun

Kompas.com - 12/05/2021, 07:00 WIB
Ruas tol Sigli-Banda Aceh seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang). Dok. Hutama KaryaRuas tol Sigli-Banda Aceh seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) terus mempercepat pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) Tahap I.

Hingga saat ini, terdapat delapan ruas yang sedang dalam tahap konstruksi yakni Tol Sigli-Banda Aceh (Seksi 1, 2, 5, 6), Tol Kisaran-Indrapura, Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat, dan Tol Simpang Indralaya-Muara Enim.

Kemudian Tol Padang-Sicincin, Tol Pekanbaru-Pangkalan, Tol Bengkulu-Taba Penanjung, Tol Binjai-Pangkalan Brandan.

Total panjang kedelapan ruas tersebut mencapai 533 kilometer, dengan investasi senilai Rp 87,2 triliun. 

Estimasi nilai investasi ini termasuk ongkos konstruksi, dan pembebasan lahan.

Baca juga: Hari Pertama Peniadaan Mudik, Lalin Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Turun 30 Persen

Menurut Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya, J. Aries Dewantoro, hingga akhir Desember 2021, progres pembebasan lahan untuk sisa ruas JTTS Tahap I diperkirakan sekitar 335 kilometer.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini merupakan angka ekuivalen yang masih dalam tahap pembebasan dan membutuhkan dana sebesar kurang lebih Rp 4,6 triliun," ujar Aries menjawab Kompas.com, Senin (10/05/2021).

Jika kelak tuntas terbangun, JTTS Tahap I akan membentang sepanjang 1.065 kilometer yang akan menelan investasi senilai Rp 152,266 triliun.

Aries menambahkan, Hutama Karya telah mendapatkan tambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) dari APBN Tahun 2021 untuk melanjutkan pengusahaan JTTS Tahap I yakni senilai Rp 6,2 triliun.

"PMN tersebut dialokasikan untuk Tol Sigli-Banda Aceh, Tol Lubuk Linggau-Bengkulu dan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat," ungkap Aries.

Baca juga: Strategi Hutama Karya Percepat Penyelesaian Tol Trans-Sumatera Ruas Prioritas

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X