Kompas.com - 07/05/2021, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) menargetkan 1.100 kilometer Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) beroperasi pada awal Tahun 2023.

Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto mengatakan hal itu dikutip sebagaimana dikutip dari laman YouTube Kementerian BUMN, Jumat (07/05/2021).

"Jadi, tahun 2023 nanti, kami akan mengoperasikan 1.100 kilometer Tol Trans-Sumatera. Jadi, kira-kira sudah separuh ya," jelas Budi.

Dari jumlah tersebut, sepanjang 550 kilometer JTTS sedang dalam tahap konstruksi.

Budi mengungkapkan, saat ini Pemerintah berencana membangun jalur utama atau backbone yang baru memasuki tahap pembahasan.

Ada enam daerah yang menjadi jalur utama Tol Trans-Sumatera yakni, Palembang Betung, Jambi, Pekanbaru, Dumai, Medan, dan Banda Aceh.

Baca juga: Mudik Dilarang, Catat Titik Penyekatan di Tol Trans-Jawa

Total dari jalur utama tersebut membentang 1.200 kilometer yang ditargetkan pembangunannya tuntas pada Tahun 2024.

Dalam membangun jalur utama, Hutama Karya mengacu pada sumber pendanaan dan waktu.

Khusus untuk sumber pendanaan koridor utama yang dibangun dua jalur, Hutama Karya membutuhkan anggaran sebesar Rp 208 triliun.

Sementara jika dibangun 2x1 jalur dengan menyesuaikan kondisi lalu lintas (lalin) di Pulau Sumatera, membutuhkan anggaran sekitar Rp 147 triliun dan pembebasan lahan senilai Rp 29 triliun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.