Masuk Uji Laik Fungsi, Tol Cibitung-Telaga Asih Beroperasi Juni

Kompas.com - 05/05/2021, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 Simpang Susun (SS) Cibitung-Telaga Asih ditargetkan beroperasi awal Juni 2021.

Pelaksana Harian (PLH) Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Kementerian PUPR Mahbullah Nurdin mengatakan, Seksi I SS Cibitung-Telaga Asih hanya menyisakan pekerjaan minor.

"Khusus untuk Seksi 1 sudah uji laik fungsi (ULF), tinggal pekerjaan minor. Setelah ULF selesai, maka bisa difungsionalkan segera," tutur Nurdin.

Direktur Utama PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways Thorry Hendarto mengungkapkan, progres pembangunan seksi sepanjang 2,65 kilometer itu telah mencapai 99,72 persen.

"Mudah-mudahan setelah Lebaran selesai, proses pekerjaan minor (finishing) Seksi 1 bisa dilakukan. Sehingga, target awal Juni 2021 sudah operasi, karena untuk konstruksi fisik sudah selesai," ujar Thorry dikutip dalam siaran pers, Selasa (05/05/2021).

Kemudian, progres pembangunan Seksi 2 Telaga Asih-Muara Bakti telah mencapai 98,06 persen, Seksi 3 Muara Bakti-Kanal Banjir Timur mencapai 91,86 persen, serta Seksi 4 Kanal Banjir Timur-Cilincing mencapai 58,78 persen.

Khusus Seksi 2 dan 3, pembangunannya ditargetkan tuntas paling lambat Oktober 2021. Sementara Seksi 4 dijadwalkan selesai pada akhir Desember tahun ini.

Baca juga: Sebentar Lagi, Tol Cibitung-Gabus Indah Bisa Dilintasi

"Kami optimis rampung jika sisa lahan yang belum bebas di Jakarta Utara sekitar 1,6 kilometer dapat bebas dalam 2 bulan ke depan," terang Thorry.

Secara keseluruhan, pembangunan Tol Cibitung-Cilincing bakal tuntas hingga akhir tahun ini dan bisa dinikmati para pengguna jalan tol.

Perlu diketahui, Tol Cibitung-Cilincing memiliki 4 Seksi yakni, SS Cibitung-Telaga Asih sepanjang 2,65 kilometer dan Seksi 2 Telaga Asih-Muara Bakti sepanjang 10,1 kilometer.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.