KBS Gandeng Pelindo III Perkuat Infrastruktur Logistik Pulau Jawa

Kompas.com - 04/05/2021, 19:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) mengambil langkah lanjutan untuk memperkuat infrastruktur logistik Pulau Jawa melalui anak usahanya, PT Krakatau Jasa Logistik (KJL).

KBS melakukan penandatangan MoU dengan anak usaha Pelindo III yaitu Terminal Petikemas Surabaya (TPS) dan Berkah Multi Cargo (BMC).

PT KBS juga sebelumnya sudah melakukan kerja sama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dan PT Kereta Api Logistik (KA Logistik) untuk penguatan infrastruktur logistik Nasional.

Direktur Utama PT Krakatau Bandar Samudera Akbar Djohan mengatakan PT KBS saat ini akan melakukan fokus utama untuk bisa mempersiapkan infrastruktur jalur logistik Pulau Jawa.

Baca juga: Krakatau Bandar Samudera dan KAI Siapkan Infrastruktur Logistik Terintegrasi

Dengan kolaborasi yang dilakukan PT KBS ini yakin bisa menghadirkan logistik yang efektif.

“Lewat kerjasama dengan TPS dan BMC, harapannya bisa menghadirkan logistik yang terintegrasi dengan lebih efektif. Dengan begitu, konektivitas angkutan antara Cilegon dan Surabaya bisa langsung masuk area Pelabuhan TPS,” kata Akbar dalam keterangan yang dikutip Kompas.com, Selasa (04/05/2021).

Sementara itu, Direktur Utama PT Krakatau Jasa Logistik Puji Winarto mengatakan kerja sama ini dapat memaksimalkan rangkaian kereta api PT KBS dari Surabaya untuk kargo impor atau lokal yang akan dibongkar di TPS dan bisa diangkut oleh rangkaian kereta api PT KJL ke wilayah DKI dan Banten.

Demikian juga sebaliknya kargo yang berasal dari Banten dan sekitarnya untuk ke wilayah Indonesia Timur, bisa diangkut rangkaian kereta api KJL rute Cilegon-Jakarta langsung menuju sisi dermaga TPS.

"Jika kerja sama ini bisa berjalan dengan baik, konektivitas jalur logistik akan semakin terjamin dan biaya logistik akan lebih kompetitif. Hal ini bisa berdampak meningkatkakan ekspor dan Impor Nasional,” kata Puji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.