KKPR Berlaku Serentak 2 Juni 2021, Bagaimana Perizinan Berusaha?

Kompas.com - 04/05/2021, 08:00 WIB
Pemerintah Minta Pemda Buat Forum Penataan Ruang Untuk Beri Pertimbangan Penerbitan KKPR ATR BPNPemerintah Minta Pemda Buat Forum Penataan Ruang Untuk Beri Pertimbangan Penerbitan KKPR

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Tata Ruang Kementerian ATR/BPN Abdul Kamarzuki mengatakan, Konfirmasi Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) diberlakukan secara resmi dan serentak pada 2 Juni 2021.

"Saat ini masih transisi, jadi saat ini masih berjalan seperti biasa," kata Kamarzuki kepada wartawan di Jakarta, Senin (03/05/2021).

Menurutnya, sejumlah daerah telah menggunakan izin KKPR, namun banyak juga daerah yang masih menggunakan izin lokasi, izin bangunan, dan sebagainya.

Dan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 5 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis risiko itu masih ditolerir.

Baca juga: Izin Lokasi 30 Tahun, Pondok Indah dan BSD City Belum Kuasai Lahan Sepenuhnya

Hingga saat ini pun, Kementerian ATR/BPN masih mempersiapkan infrastruktur layanan sistem Online Single Submission (OSS) versi terbaru.

Jika pelaku usaha memiliki izin pemanfaatan ruang (IPR) yang belum habis masa berlakunya, tidak perlu melakukan pendaftaran KKPR.

KKPR berlaku jika masa izin pemanfaatan ruangnya sudah habis.

Untuk diketahui, Kementerian ATR/BPN menggunakan KKPR sebagai acuan baru dalam perizinan berusaha.

Baca juga: Penerbitan Konfirmasi Kegiatan Pemanfaatan Ruang Hanya 20 Hari

KKPR menggantikan izin lokasi dan berbagai izin pemanfaatan ruang (IPR) dalam membangun dan mengurus tanah yang awalnya merupakan kewenangan pemerindah daerah (Pemda).

KKPR berfungsi sebagai salah satu perizinan dasar yang perlu didapatkan sebelum pelaku usaha dapat melanjutkan proses perizinan berusaha.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X