Kompas.com - 29/04/2021, 15:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggandeng Indonesia Flying Club (IFC), PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan memantau sekaligus uji coba patroli udara menggunakan pesawat Cessna di jalan tol kelolaan.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengungkapkan hal itu dikutip dari siaran pers, Kamis (29/04/2021).

"Jasa Marga bekerja sama dengan IFC akan melakukan pemantauan sekaligus uji coba patroli udara menggunakan pesawat Cessna," jelas Subakti.

Hal ini dilakukan untuk memperoleh informasi kondisi lalu lintas (lalin) di jalan tol secara aktual.

Tak hanya dengan IFC saja, perseroan juga bekerja sama dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) melakukan simulasi penyelamatan korban melalui udara.

Subakti mengatakan, ini merupakan salah satu upaya antisipasi dan persiapan penanganan kecelakaan lalin serta meningkatkan kemampuan Tim Satuan Tugas (Satgas) Jasa Marga Siaga.

Baca juga: Tunggu Keputusan Menteri PUPR, Ini Usulan Tarif Tol Serpong-Pamulang

Meski Pemerintah melarang adanya mudik Lebaran 2021, Tim Satgas Jasa Marga siaga akan melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai dengan protokol kesehatan dan prosedur di beberapa lokasi jalan tol.

Misalnya, gerbang tol (GT), jalur, check-point (titik pengecekan), dan Tempat Istirahat dan Peayanan (TIP), maupun rest area dengan memastikan penerapan jaga jarak fisik dan pembatasan kapasitas. 

Subakti menuturkan, Jasa Marga juga siap untuk memastikan kesiapan pelayanan berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 dalam pengendalian perjalanan dan random check sampling di rest area.

Tujuannya, sebagai upaya screening untuk mencegah penyebaran Covid-19, memastikan kondisi perkerasan, keberfungsian drainase, kesiapan sarana prasarana, serta pemenuhan seluruh substansi Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol.

Tindakan ini juga memperhatikan aspek keselamatan dengan memantau dan melakukan pengendalian pada titik-titik rawan kecelakaan, longsor, dan lokasi-lokasi yang berpotensi terjadi kepadatan lalin.

“Tetap semangat, jaga kesehatan dan stamina karena bagi saya, keselamatan dan kesehatan seluruh Satgas dan tim yang bertugas paling utama,” tutup Subakti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.