Kompas.com - 28/04/2021, 13:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT MRT Jakarta akan merelokasi bangunan cagar budaya Menara atau Tugu Jam Thamrin di Persimpangan Thamrin dan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Relokasi tersebut dilakukan menyusul dimulainya pembangunan MRT Fase 2A yang akan melewati jalur tersebut.

Direktur Konstruksi MRT Jakarta Silvia Halim mengatakan sebelum direlokasi, Menara Jam Thamrin tersebut akan dipotong tiga bagian.

"Bagian pertama adalah puncak atau rumah jam, lalu bagian kedua adalah badan tugu yang memiliki kanopi dan bagian ketiga adalah bagian kaki atau lokasi yang saat ini berfungsi sebagai pos polisi," kata Silvia dsalam diskusi virtual, Selasa (27/04/2021).

Baca juga: Tugu Jam Thamrin Akan Direlokasi Selama Masa Konstruksi MRT Fase 2A

Silvia menjelaskan, pemotongan tugu jam ini sudah mempertimbangkan sisi arkeologi dan sisi kekuatan struktur yang dilakukan oleh ahli arkeologi dan ahli struktur Indonesia.

Saat proses pemindahan dan penyimpanan Tugu Jam Thamrin akan diberikan penahan berupa bracing baja untuk menjaga kestabilan selama disimpan.

Untuk tahapan dan metode pemindahan akan dilakukan dengan cara pemasangan balok (beam) baja supporting per bagian komponen Tugu Jam dan pembobokan beton pada lokasi-lokasi yang telah ditentukan melalui analisa sejumlah perhitungan presisi.

"Proses dismanting dilakukan satu per satu komponen berurutan dari komponen C (puncak) hingga A (kaki)," lanjutnya.

Silvia menyebut pemisahakan kepala jam meggunakan crane, dan akan di-loading melalui kerangka dasar yang telah tersedia pada trailer pengangkut.

Kemudian dilakukan mobilisasi menuju lokasi penyimpanan sementara. Proses serupa berlaku juga untuk komponen lainnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.