Pembangunan Terowongan MRT Fase 2A Dimulai November 2021

Kompas.com - 27/04/2021, 17:00 WIB
Contoh pohon pengganti di Monas dan Thamrin akibat pengerjaan proyek MRT Fase 2A. Foto diambil pada Selasa (11/8/2020) KOMPAS.COM/RYANA ARYADITAContoh pohon pengganti di Monas dan Thamrin akibat pengerjaan proyek MRT Fase 2A. Foto diambil pada Selasa (11/8/2020)

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres fisik pembangunan MRT Fase 2A CP201 per 25 April 2021 telah mencapai 15,36 persen.

Direktur Konstruksi MRT Jakarta Silvia Halim mengatakan, saat ini tengah mempersiapkan infrastruktur Tunnel Boring Machine (TBM) yang sedang difabrikasi di negara pembuatnya, China.

"Saat ini juga kami sedang membangun infrastruktur untuk menerima TBM mesin kita, yang saat ini sedang difabrikasi di pabriknya di China," kata Silvia dalam diskusi virtual, Selasa (27/04/2021).

Silvia menjelaskan setelah TBM selesai dibangun, selanjutnya akan dibawa langsung ke Jakarta.

Rencananya, tunneling perdana MRT Fase 2A ini dilakukan pada Oktober atau Novermber 2021 dan dimulai dari Stasiun Bundaran HI menuju utara ke Stasiun Thamrin dan seterusnya.

Baca juga: Conveyor Belt dan Troli Sepeda Non-lipat Akan Disediakan MRT Jakarta

Pekerjaan pembangunan MRT Fase 2A Stasiun Bundaran HI meliputi power blender dan guide wall di shaft selatan, relokasi drainase shaft selatan, serta jet grout.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dan untuk Stasiun Monas pekerjaan meliputi D-Wall, kingpost, jet grout di RSS dan pembangunan Pos Polisi Medan Merdeka.

"Kami juga menyelesaikan relokasi pembangunan Pos Polisi yang ada di Jalan Medan Merdeka Barat ke lokasi barunya yang ada di sisi barat daya Monas," imbuh Silvia.

Selain itu, sedang dilakukan pula pekerjaan pemasangan silo yaitu bagian dari prasarana untuk pembangunan stasiun.

Pemasangan silo dengan isi material bentonite digunakan untuk membantu proses galian di kawasan Thamrin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X