Aktivitas Konsumen di Pusat Perbelanjaan Mulai Meningkat

Kompas.com - 26/04/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi mal ShutterstockIlustrasi mal

JAKARTA, KOMPAS.com - Program vaksinasi Covid-19 yang mulai dilaksanakan sejak Januari 2021 telah menunjukkan dampak positif terhadap pasar ritel Jakarta.

Sebagai hasil dari program vaksinasi, Jakarta menunjukkan penurunan jumlah kasus Covid-19 harian pada beberapa minggu terakhir.

Cushman & Wakefield Indonesia melaporkan, aktivitas konsumen telah terlihat meningkat pada kebanyakan mal di Jakarta, walau belum sepenuhnya kembali seperti masa sebelum pandemi.

Idul Fitri yang sebentar lagi berlangsung diperkirakan dapat mendorong bisnis ritel dan menandakan permulaan pemulihan pasar secara umum.

Baca juga: Tingkat Kunjungan Mal Jelang Ramadhan Meningkat

Meskipun trafik pengunjung mal mulai meningkat, mayoritas peritel masih melakukan aksi wait and see terhadap rencana ekspansi mereka, terutama terhadap pra-komitmen di proyek-proyek yang masih dalam proses konstruksi.

Hanya ada satu peritel yang buka pada periode Kuartal I-2021 yakni Decathlon, peritel peralatan olahraga dari Perancis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Decathlon telah membuka gerai keempatnya di Mall of Indonesia, menempati sekitar 3.100 meter persegi, dan menjadi yang terbesarnya di Indonesia.

Sementara segmen pasokan baru masih terbatas. Itu pun hanya dari dua proyek yakni Pondok Indah Mall 3 dan Aeon Mall Southgate.

Kedua proyek yang berlokasi di Jakarta Selatan, ini diperkirakan akan masuk pasar ritel Jakarta pada kuartal depan.

Baca juga: Jual Mal, Sentul City Kantongi Rp 1,9 Triliun dari Investor Jepang

"Jika kedua proyek ini berhasil diselesaikan sesuai dengan jadwal, total pasokan ritel Jakarta akan mencapai 4.663.700 meter persegi pada kuartal kedua 2021," tulis Cushman & Wakefield  dalam laporan yang diterima Kompas.com, Senin (26/04/2021).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X