Pemerintah Turun Tangan Tuntaskan Seksi Terakhir Tol Balikpapan-Samarinda

Kompas.com - 23/04/2021, 19:00 WIB
Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. Dok. PT Jasa Marga (Persero) TbkJalan Tol Balikpapan-Samarinda.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan membantu percepatan penyelesaian kendala teknis dan non-teknis pembangunan dua seksi terakhir Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yaitu Seksi 1 Balikpapan (Km 13)-Samboja dan Seksi 5 Sepinggan-Balikpapan (Km13).

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hedy Rahadian mengatakan, ada beberapa kendala yang harus segera diselesaikan demi pengoperasian tol itu.

"Misalnya, perbaikan lereng, penguatan dinding penahan tanah eksisting, hingga serah terima aset dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur," tutur Hedy dikutip dari siaran pers, Jumat (23/04/2021).

Secara keseluruhan, pembebasan lahan Seksi 1 dan Seksi 5 telah mencapai 99,81 persen dan progres konstruksi mencapai 98,92 persen per Kamis (22/04/2021). 

Baca juga: Pembebasan Tanah Tol Balikpapan-Samarinda Terbentur Kawasan Hutan

Direktur Keuangan PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) Hendra Gunawan mengatakan, kedua seksi tersebut akan dioperasikan secara bertahap.

Untuk Seksi 1 ditargetkan dapat beroperasi pada Agustus 2021 dan Seksi 5 dibuka Juni 2021.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami berkoordinasi lebih lanjut dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR karena dengan penyelesaian tahap konstruksi, maka selanjutnya memasuki tahap Uji Laik Fungsi (ULF)," tutur Hendra.

Jika kedua seksi terakhir ini beroperasi, maka terdapat dua gerbang tol (GT) baru sebagai akses masyarakat masuk Tol Balikpapan-Samarinda yaitu GT Manggar dan GT Karang Joang.

Untuk GT Manggar akan terkoneksi dengan Jalan Mulawarman yang lokasinya juga dekat dengan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan.

Sementara itu, GT Karang Joang akan terhubung dengan Jalan Soekarno Hatta KM 13.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X