Membandingkan Mandalika dengan 5 Sirkuit Top Dunia

Kompas.com - 19/04/2021, 21:00 WIB
Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika Dok. MGPAMandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika

KOMPAS.com - MotoGP tahun 2021 di Indonesia batal digelar, tetapi pembangunan Sirkuit Mandalika di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) terus digenjot.

Sejumlah kontraktor ditunjuk untuk membangun megaproyek milik PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang dimulai pada Oktober 2019 ini.

Sebut saja PT PP (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, PT Hutama Karya (Persero), serta PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.

Untuk diketahui, arena MotoGP Mandalika dirancang dengan panjang lintasan 4,32 kilometer dan 17 tikungan.

Lintasan dibangun dalam kawasan The Mandalika yang merupakan destinasi pariwisata kelas dunia. Sirkuit ini dibuat terbuka dan menyajikan pemandangan bukit dan pantai.

Baca juga: Proyek The Mandalika Dituduh Langgar HAM, Ini Tanggapan Pemerintah

Kapasitas penonton mencapai 195.700 orang yang terbagi di tribun berdiri, duduk, dan VIP atau Hospitality Suites.

Adapun perkiraan dana yang dibutuhkan untuk pembangunan Sirkuit MotoGP Mandalika tembus Rp 1 triliun.

Namun, tahukah Anda lima sirkuit kelas atas yang masuk jajaran top dunia? Satu di antaranya bahkan hanya dibangun dalam waktu satu tahun.

Sirkuit itu berada di Qatar. Meski lintasannya lebih panjang ketimbang Mandalika, yakni 5,4 kilometer, proses pekerjaan fisik lebih cepat, yaitu dari 30 Oktober 2003 dan dibuka untuk umum pada September 2004.

Berikut lima sirkuit terbaik di dunia:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X