Hutama Karya Pertahankan Rating BBB- Pemeringkatan Investasi

Kompas.com - 19/04/2021, 20:00 WIB
Pembangunan infrastruktur oleh PT Hutama Karya (Persero). Dok. PT Hutama Karya (Persero).Pembangunan infrastruktur oleh PT Hutama Karya (Persero).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) berhasil mempertahankan rating investment grade dari lembaga pemeringkat internasional, Fitch Ratings.

Fitch memberikan peringkat BBB- untuk long-term issuer default rating (peringkat default emiten jangka panjang) dengan outlook stabil.

Fitch juga memutuskan untuk mempertahankan peringkat Obligasi Global Hutama Karya senilai 600 juta dollar AS atau setara Rp 8,72 triliun dengan jaminan Pemerintah pada peringkat BBB.

Pada momentum yang sama, Fitch mempertahankan peringkat AA+ (idn) untuk National
Long Term Rating (peringkat nasional jangka panjang) dengan outlook stabil.

Baca juga: Hutama Karya Incar Kontrak Baru Proyek Strategis Nasional Rp 20,59 Triliun

Wakil Direktur Utama Hutama Karya Aloysius Kiik Ro berpendapat, peringkat ini merefleksikan penilaian Fitch bahwa Hutama Karya memiliki kepentingan strategis terhadap program pembangunan infrastruktur pemerintah sebagai kontraktor dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

JTTS ini merupakan jalan tol terpanjang dan salah satu proyek yang memiliki kepentingan strategis tinggi untuk Indonesia.

"Peringkat ini berada satu notch di bawah peringkat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," tutur Aloysius dikutip dari siaran pers, Senin (19/04/2021).

Meski Hutama Karya sedang melalui tantangan cukup berat pada saat Pandemi Covid-19, Pemerintah memberikan dukungan kepada perseroan untuk mempercepat pembangunan JTTS melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp 3,5 triliun.

Selain itu, perseroan diberikan PMN melalui Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp 7,5 triliun.

Hal ini mengingat juga terjadinya kenaikan biaya keuangan yang sejalan dengan bertambahnya ruas tol yang dioperasikan perseroan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X