Bakal Divestasi Tiga Ruas Tol, Jasa Marga Bidik Rp 1,5 Triliun hingga Rp 3 Triliun

Kompas.com - 14/04/2021, 16:00 WIB
Penutupan sementara ini dalam rangka penggantian nama Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Desember 2019, serta merujuk Surat Izin Menteri PUPR Nomor BM.07.02-Mn/635, tanggal 8 April 2021. Kementerian PUPRPenutupan sementara ini dalam rangka penggantian nama Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Desember 2019, serta merujuk Surat Izin Menteri PUPR Nomor BM.07.02-Mn/635, tanggal 8 April 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk berencana melakukan divestasi jalan tol pada Semester II Tahun 2021.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengungkapkan hal itu usai peresmian Jalan Layang Sheikh Mohamed Bin Zayed (MBZ), Senin (14/04/2021).

"Yang saya tahu, Jasa Marga akan memproses program divestasi mulai Semester II," tutur Danang.

Danang berharap Jasa Marga bisa memasukan Jalan Layang MBZ (Tol Layang Jakarta-Cikampek atau Tol Japek II Elevated) sebagai salah satu daftar program divestasi perseroan.

Menurut dia, penamaan Jalan Layang MBZ bisa membuka peluang investor asal Timur Tengah untuk berinvestasi di tol yang dikelola perseroan.

Baca juga: Usai Jalan Layang MBZ, UEA Berencana Investasi di Sektor Pendidikan hingga Ritel

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur membenarkan program divestasi jalan tol oleh perseroan.

Meski begitu, dia belum bisa memastikan kapan tepatnya waktu divestasi yang akan dilakukan perseroan pada tahun ini.

"Secara garis besar, Jasa Marga berharap divestasi akan dilakukan tahun ini. Tapi, untuk sementara kepastian waktunya akan kami infokan kemudian," tutur Subakti kepada Kompas.com, Rabu (14/04/2021).

Saat ini, perseroan masih melakukan pembahasan internal untuk menyiapkan beberapa ruas jalan tol terkait kerja sama dengan Indonesia Investment Authority (INA).

Dia memastikan, semua ruas tol yang akan ditawarkan ke investor sudah feasible (layak), seperti Tol Trans-Jawa dan Tol Metropolitan Jabodetabek.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X