Basic Design Tol Betung-Pekanbaru Tuntas, Hutama Karya Tunggu Keputusan Pemerintah

Kompas.com - 13/04/2021, 15:01 WIB
Ilustrasi konstruksi SHUTTERSTOCK/YUTTANA CONTRIBUTOR STUDIOIlustrasi konstruksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) memastikan penyusunan basic design (rancangan dasar) koridor pendukung Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) Ruas Betung-Jambi-Pekanbaru, tuntas dikerjakan.

Direktur Operasi III PT Hutama Karya (Persero) Koentjoro menyampaikan hal ini kepada Kompas.com, Senin (12/04/2021).

Koridor pendukung ini memiliki potensi besar untuk meraup sumber pendanaan dari Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB) maupun lembaga pembiayaan lain.

Hal ini menyusul kesiapan AIIB sebagaimana dikatakan Vice President Chief Administration Officer AIIB Lucky Eko Wuryanto, bahwa lembaganya siap dan tertarik mendanai JTTS.

Baca juga: AIIB Siap Danai Proyek Tol Trans-Sumatera

"Kalau diminta kan why not, semua tergantung Pemerintah, artinya persiapan proyeknya seperti apa," kata Lucky.

Untuk itu, AIIB masih menunggu proposal yang diajukan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Hutama Karya juga bersikap menunggu keputusan Pemerintah terkait potensi besar sumber pendanaan dari AIIB dan lembaga pembiayaan lainnya.

"Itu sangat bergantung pada keputusan Pemerintah Indonesia," kata Koentjoro.

Kendati demikian, menurut Koentjoro, Ruas JTTS yang belum dilaksanakan konstruksinya, memiliki volume lalu lintas yang sangat rendah, sehingga kemampuan berhutang ruas tersebut sangat kecil.

Dalam kondisi ini diperlukan adanya dukungan penuh dari Pemerintah mengingat proyeksi cash flow dari ruas tol belum cukup untuk mengembalikan investasi.

Baca juga: Gerak Maju Tol Trans-Sumatera, Katalis Pertumbuhan Kawasan Industri Baru

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X