Jakarta Gelar Sayembara Terbuka Penataan Kampung Kumuh Berhadiah Rp 100 Juta

Kompas.com - 13/04/2021, 12:05 WIB
Sayembara kampung kumuh Jakarta, April-Juli 2021. IAP JakartaSayembara kampung kumuh Jakarta, April-Juli 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Jakarta didukung oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar sayembara (kompetisi) Penataan Kampung Kumuh Tingkat RW. 

Kompetisi ini diselenggarakan mulai April hingga Juli 2021 dengan menyasar perencana atau planner muda untuk menyusun konsep peremajaan RW kumuh.

Kampung kumuh yang akan ditata ada dua yakni Tanah Merah di Jakarta Utara, dan Manggarai di Jakarta selatan.

Baca juga: Lima Asosiasi Kritik Istana Negara Burung Garuda, Tidak Mencerminkan Kemajuan Peradaban

Sayembara dilatarbelakangi oleh perubahan pola hidup sebagai dampak pandemi Covid-19 yang mengharuskan warga untuk menjaga jarak dan kebersihan.

Namun tidak semua warga di Jakarta mempunyai keistimewaan yang sama untuk dapat tinggal dengan lingkungan yang bersih dan sehat.

Hal ini karena masih banyak kampung kota di Jakarta yang tergolong dalam kawasan kumuh yang seharusnya kebersihan dan kesehatan menjadi perhatian utama.

Untuk itu, dibutuhkan sebuah input perencanaan yang dapat mengubah kampung kumuh menjadi lebih sehat dan berketahanan pada masa pandemi Covid-19.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by IAP DKI JAKARTA (@iap_jakarta)

Peserta kompetisi terbagi menjadi dua kategori yaitu mahasiswa dan professional. Peserta diperbolehkan dari semua jurusan dan semua strata.

Kompetisi juga dapat diikuti secara berkelompok, maksimal anggota berjumlah 8 orang dengan ketentuan, team leader harus berlatar belakang Perencana Wilayah Kota (PWK).

Baca juga: Jokowi Minta Masukan Soal Pra-desain Istana Negara, Ini Suara Para Arsitek Profesional

Sementara team leader kategori profesional harus memiliki kartu keanggotaan Ikatan Ahli Perencaan (IAP). Adapun peserta kategori mahasiswa wajib melampirkan bukti sebagai mahasiswa. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X