Sah, Kontrak Preservasi Jalintim Riau Rp 585,3 Miliar Ditandatangani

Kompas.com - 12/04/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi jalan. Dok. Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRIlustrasi jalan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kontrak proyek Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Preservasi Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera di Provinsi Riau, resmi ditandatangani.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR, Eko Djoeli Heripoerwanto mengatakan, total nilai investasi proyek KPBU ini mencapai Rp 585,3 miliar.

Preservasi Jalintim Sumatera di Provinsi Riau merupakan proyek KPBU di bidang jalan yang merupakan solicited atau prakarsa dari Pemerintah.

Eko mengatakan, ada tiga jalan yang akan dipreservasi di Jalintim Sumsel Provinsi Riau yaitu Jalan Simpang Kayu Ara (Pekanbaru)-Batas Kabupaten Pelalawan dengan panjang 3,6 kilometer.

Kemudian, Jalan Batas Pelalawan-Sikijang Mati dengan panjang 9,1 kilometer dan Jalan Sikijang Mati-Simpang Lago sepanjang 30,3 kilometer.

Baca juga: Adhi Karya Pemenang Lelang Proyek Preservasi Jalintim Riau

Selain itu, dilakukan perbaikan 4 unit jembatan sepanjang 60 meter di Jalan Sikijang Mati-Simpang Lago serta pembangunan 1 unit fasilitas Unit Pelaksana Penimbangan Kendaraan Bermotor (UPPKB).

"Masa kerja sama proyek KPBU preservasi Jalintim Sumatera di Provinsi Riau membutuhkan waktu 15 tahun," ucap Eko saat konferensi pers virtual, Senin (12/04/2021).

Rinciannya, tiga tahun merupakan waktu konstruksi dan 12 tahun masa layanan.

Modalitas kerja sama proyek tersebut menggunakan design, build, operate, finance, maintain, dan transfer (DBOFMT).

Untuk diketahui, PT Adhi Karya (Persero) Tbk ditetapkan sebagai pemenang lelang proyek KPBU preservasi Jalintim Sumatera di Provinsi Riau pada 29 Januari 2021.

Lalu, penyerahan Letter of Word oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono telah dilaksanakan pada 22 Februari 2021.

Penyerahan tersebut bersamaan dengan Financial Close proyek KPBU Availability Payment (AP) Jalintim Sumatera di Provinsi Sumatera Selatan.

Sementara pada 4 Maret 2021, telah dibentuk Badan Usaha Pelaksana (BUP) yaitu PT Adhi Jalintim Riau.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X