Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-gempa Malang, Jaringan Tol Trans-Jawa di Jatim Aman Dilintasi

Kompas.com - 10/04/2021, 22:03 WIB
Hilda B Alexander,
Suhaiela Bahfein

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit memastikan, seluruh ruas dari Jaringan Jalan Tol Trans-Jawa yang ada di Jawa Timur dan Bali aman dilintasi pasca-gempa Malang.

"Secara pembacaan Safety Health Monitoring System (SHMS) untuk struktur jembatan atau tol layang aman," tutur Danang kepada Kompas.com, Sabtu (10/04/2021).

Danang melanjutkan, tujuh ruas tol di Jawa Timur tidak mengalami kerusakan signifikan dan dapat dilalui kendaraan.

Ketujuh ruas tersebut adalah Tol Pandaan-Malang, Tol Gempol-Pandaan, Tol Gempol-Pasuruan, Tol Surabaya-Gempol, Tol Surabaya-Mojokerto, Tol Waru-Juanda, serta Tol Surabaya-Gresik.

Baca juga: Penamaan Jalan Tol Layang Japek Jadi Sheikh Mohamed Bin Zayed, Jasa Marga: Permintaan Setpres

Bahkan, Tol Pasuruan-Probolinggo maupun Tol Krian-Legundi-Bunder tidak mengalami kerusakan jalan maupun konstruksi sama sekali.

Sama halnya dengan Jawa Timur, jalan bebas hambatan berbayar satu-satunya di Bali yaitu Tol Bali Mandara juga dalam kondisi aman pasca gempa tersebut.

Untuk itu, BPJT Kementerian PUPR menginstruksikan kepada seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) di Jawa Timur dan Bali untuk membantu dukungan logistik dan ambulans atau paramedis yang menetap di gerbang tol (GT) terdekat.

Danang meminta para BUJT dapat berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) atau Palang Merah Indonesia (PMI) setempat.

"Tunjukkan kesetiakawanan sosial insan jalan tol Indonesia dan silahkan bekerja kepada masyarakat terdampak dengan kapasitas masing-masing. Selamat bekerja," instruksi Danang.

Senada dengan Danang, CEO Group Toll Road Business Astra Krist Ade Sudiyono mengatakan, keadaan semua jalan tol pasca dia melintasi Malang hingga Jombang dalam kondisi baik dan bisa berjalan seperti biasa.

Baca juga: Ada Uji Fungsi SHMS, Tol Layang AP Pettarani Ditutup Sementara

Dia pun akan kembali melintasi sekaligus mengecek kondisi jalan tol lagi mulai dari Jombang hingga Semarang.

"Atas laporan sementara teman-teman, semua kondisi jalan tol aman dan melayani pengguna seperti biasa. Mudah-mudahan aman terkendali ya," tutur Krist.

Diketahui, Astra Toll mengelola ruas-ruas tol di Jawa Timur di antaranya Tol Jombang-Mojokerto, dan Tol Surabaya-Mojokerto.

Demikian halnya dengan Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Subakti Syukur. Dia juga memastikan pengguna jalan tol dapat dengan aman berkendara di seluruh ruas kelolaan perseroan.

Lima tol kelolaan Perseroan yakni Tol Pandaan-Malang, Tol Gempol-Pandaan, Tol Gempol-Pasuruan, Tol Surabaya-Gempol, dan Tol Surabaya-Mojokerto.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com