Kompas.com - 07/04/2021, 10:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, keberhasilan program food estate (lumbung pangan) terletak pada tata kelola air, mulai dari hulu hingga hilir.

Hal itu dia sampaikan saat meninjau lokasi pengembangan lumbung pangan baru bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, serta Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Selasa (06/04/2021).

"Tata kelola air yang sedang dikerjakan Kementerian PUPR bertujuan untuk mencegah terjadinya banjir dan dapat digunakan saat musim kemarau sebagai sumber pengairan," jelas Luhut.

Dia melanjutkan, pengembangan lumbung pangan tersebut dilakukan melalui rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi yang dibangun secara bertahap.

Baca juga: Dikebut, Proyek Food Estate 137.000 Hektar di Kalteng Tuntas Tahun Ini

Senada dengan Luhut, Basuki juga menekankan pentingnya tata kelola air dengan tujuan untuk memastikan aliran air berjalan baik agar dapat mengurangi kadar keasaman yang ada di lahan rawa.

"Pompa ditempatkan di titik-titik yang bisa menarik air dan ditambah. Ikuti aliran airnya, pastikan berjalan," tutur Basuki.

Dia menjelaskan, lumbung pangan tanaman padi di lahan aluvial dikembangkan seluas 165.000 hektar.

Lahan aluvial ini merupakan Eks-Pengembangan Lahan Gambut (PLG) dengan leading sector Kementerian Pertanian yang dimulai sejak akhir September 2020.

Untuk tahap saluran irigasi di Blok A, dilakukan rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi sekitar 2.000 hektar.

Hal ini dilakukan untuk memastikan saluran primer dan sekunder yang dapat mengalirkan air dengan baik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.