Kompas.com - 06/04/2021, 14:00 WIB
PT Pertamina (Persero) melakukan verifikasi kerusakan rumah, fasilitas umum, serta kantor instansi pemerintah atas insiden terbakarnya Kilang Balongan, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat. PT Pertamina (Persero).PT Pertamina (Persero) melakukan verifikasi kerusakan rumah, fasilitas umum, serta kantor instansi pemerintah atas insiden terbakarnya Kilang Balongan, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) telah memverifikasi data kerusakan properti warga, fasilitas umum, serta kantor instansi pemerintah akibat terbakarnya tangki area T-301 Kilang Balongan, Kabupaten Indramayu, Provinsi Jawa Barat beberapa waktu lalu.

Verifikasi telah dilaksanakan di Desa Sukaurip dan Blok Kesambi, Desa Balongan, Kecamatan Balongan, Senin (05/04/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berdasarkan data yang masuk, 365 rumah warga dan 53 laporan yang terdiri dari rumah ibadah, sekolah, dan kantor instansi mengalami kerusakan.

Unit Manager Communication, Relation, & CSR RU VI Balongan Pertamina Cecep Supriyatna mengatakan, langkah percepatan verifikasi data dilakukan dengan menambah jumlah tim pelaksana verifikasi dari 8 menjadi 16 tim.

Baca juga: Sempat Alami Kebakaran, Pasar Legi Direkonstruksi

Selain itu, Pertamina juga menugaskan dua tim internal untuk melakukan pendataan kerusakan fasilitas umum dan fasilitas sosial.

"Tujuannya, agar fasilitas tersebut dapat digunakan kembali saat bulan Ramadhan," tutur Cecep dalam keterangan tertulis, Senin (05/04/2021).

Sebelumnya, sosialisasi telah dilaksanakan di Desa Sukaurip, Balongan, Tegalurung, dan Majakerta yang melibatkan berbagai pihak terkait.

Misalnya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemerintah Daerah (Pemda Indramayu, Muspika Balongan, serta aparatur desa setempat.

Upaya percepatan penanganan dampak insiden dilakukan Pertamina bersama Muspika dan
Dinas PUPR Pemda Indramayu itu dengan melaksanakan sosialisasi dan verifikasi data laporan warga terdampak secara simultan.

Sementara itu, sosialisasi dan pendataan secara paralel sudah diselesaikan dan akan diverifikasi ole Tim Gabungan yang terdiri dari Tim Teknis Dinas PUPR dan Dinas Perumahan dan Permukiman.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.