Kompas.com - 05/04/2021, 20:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai special mission vehicle Kementerian Keuangan, PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF akan meningkatkan perannya untuk mendukung perkuatan ekosistem perumahan.

Perkuatan ini dilakukan melalui enam strategi dan kegiatan bisnis yang akan dijalankan pada tahun 2021.

Strategi pertama, optimalisasi penyaluran KPR Fasilitas Likuditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Tahun 2021 ini SMF mendapatkan Penyertaan Modal Negara (PMN) dari Pemerintah sebesar Rp 2,25 triliun yang bersumber dari Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun 2021.

Baca juga: Kinerja 2020 Positif, SMF Cetak Laba Rp 470 Miliar

PMN tersebut seluruhnya akan dialokasikan untuk program penurunan beban fiskal Pemerintah melalui kontribusi SMF pada Program KPR FLPP.

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo menjelaskan, PMN ini akan di-leverage hingga Rp 6,37 triliun melalui penerbitan surat utang, ditambah dana sebesar Rp 19,12 triliun yang berasal dari Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Pemerintah (PPDPP) untuk membiayai Kredit Pemilikan Rumah (KPR) program FLPP.

"Sehingga total dana yang akan digulirkan Rp 25 triliun untuk memproduksi KPR FLPP sebanyak 157.500 rumah dengan bunga tetap 5 persen selama 20 tahun untuk MBR," tutur Ananata dalam konferensi pers virtual, Senin (05/04/2021).

SMF juga akan merealisasikan amanat Pemerintah sebagai Wakil Pelaksana Investasi kepada Perum Perumnas. Tahap pertama yang sudah diinvestasikan senilai Rp 200 miliar dari total Rp 650 miliar.

Menurut Ananta, investasi ini bertujuan untuk mendorong peningkatan kinerja perusahaan melalui sinergi, transformasi, dan reposisi peran Perumnas dalam ekosistem perumahan nasional.

Baca juga: SMF Nilai Pembentukan BP3 Dapat Mengurangi Gap Pasokan Rumah

Strategi kedua, mendukung pasokan perumahan melalui penyaluran fasilitas pinjaman kepada pengembang dalam bentuk Kredit Konstruksi dan keterlibatan dalam Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) Perumahan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.