Volume Lalin di Tol Trans-Sumatera Saat Libur Paskah Meroket 219 Persen

Kompas.com - 05/04/2021, 18:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Volume lalu lintas (VLL) kendaraan di Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) selama libur akhir pekan Perayaaan Paskah 2021 mengalami lonjakan tajam hingga 219,38 persen.

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPJT) PT Hutama
Karya (Persero) Tbk  J Aries Dewantoro mengatakan, puncak VLL kendaraan yang melintas dari arah Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera terjadi pada Kamis (01/04/2021).

Sebanyak 6.228 kendaraan masuk melalui Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan di Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

Baca juga: Sambut Lebaran, 21 Rest Area Tol Trans-Sumatera Siap Beroperasi

Jika dibandingkan dengan puncak libur paskah pada tahun sebelumnya (21/05/20) yang hanya 1.950 kendaraan, VLL kendaraan tahun ini melesat jauh 219,38 persen.

“Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, volume kendaraanya jauh lebih tinggi mengingat libur paskah kali ini berdekatan dengan akhir pekan,” kata Aries dalam keterangannya, Senin (05/04/2021).

Perseroan mencatat, total kendaraan yang melintas JTTS melalui GT Bakauheni Selatan sejak Kamis (01/04) hingga Minggu (04/04/2021) mencapai 23.210 kendaraan.

Sementara, puncak arus balik kendaraan yang keluar dari Pulau Sumatera kembali ke Pulau Jawa terjadi pada hari Minggu (04/04/2021) sebanyak 7.755 kendaraan.

Meski operasional jalan tol masih dapat berjalan dengan baik, Hutama Karya tetap mengikuti kebijakan pemerintah khususnya dalam memperketat protokol Covid-19 di ruas tol dan rest area.

Baca juga: Pastikan Aman Dilalui Jelang Ramadhan, Hutama Karya Perbaiki Tol Trans-Sumatera

Penerapan protokol dengan mewajibkan seluruh petugas menggunakan masker, faceshield, sarung tangan, dan manset, melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin di GT, kantor dan rest area.

Selain itu juga memberikan fasilitas cek kesehatan gratis dimana pengguna jalan tol tidak hanya di cek suhu tubuhnya, tapi juga dapat mengecek kondisi kesehatannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.