Kompas.com - 05/04/2021, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah persiapan untuk menyambut libur Ramadhan dan Lebaran 2021 dilakukan PT Hutama Karya (Persero) Tbk, terutama di Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS).

Tak hanya perbaikan fisik jalan, melainkan juga layanan tempat istirahat atau rest area yang menjadi fasilitas penting yang dibutuhkan pengguna jalan.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Kentjoro mengatakan, perseroan telah menyiapkan 21 rest area yang dapat dimanfaatkan pengguna jalan di sepanjang JTTS.

Koentjoro merinci dari total jumlah rest area, 12 di antaranya terdapat di Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yakni di KM 20 A & B, KM 33 A & B, KM 49 A & B, KM 67 A & B, KM 87 A & B, KM 116 A & B.

Sedangkan di Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung terdapat 9 rest area yang terletak di KM 163 A, KM 172 B, KM 208 A, KM 215 B, KM 234 A, KM 269 B, KM 277 A, KM 306 B, dan KM 311 A.

Baca juga: Pastikan Aman Dilalui Jelang Ramadhan, Hutama Karya Perbaiki Tol Trans-SumateraAdapun rest area di ruas tol lainnya masih dalam tahap pembangunan seperti Ruas Pekanbaru-Dumai.

Di ruas ini terdapat 4 rest area sementara yang kualitanya tidak kalah dengan rest area operasional yang dilengkapi SPBU, tenan UMKM, minimarket, musholla, dan lainnya.

"Selain itu, kami juga telah mempersiapkan mobile reader untuk mempercepat transaksi di gerbang tol, layanan bengkel, memastikan ketersediaan suplai BBM di setiap SPBU di rest area yang dikelola, dan melakukan patroli 24 jam demi keamanan pengguna jalan," tutur Koentjoro.

Tersedia juga pos kesehatan pada ruas jalan tol yang paling banyak dilintasi pengguna jalan pada saat momen liburan yakni Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) dan Ruas Pekanbaru-Dumai (Permai) dengan melibatkan tenaga medis agar pengguna jalan dapat mengecek suhu dan kondisi kesehatan secara gratis.

Meskipun saat ini pengoperasian jalan tol sudah memasuki era adaptasi kebiasaan baru, Hutama Karya tetap mengikuti kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah khususnya dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di ruas tol dan rest area.

Koentjoro mengimbau seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta memastikan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan pada sistem tertutup, memastikan kecukupan saldo UE sebelum melintas di jalan tol.

Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps, terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE.

Untuk diketahui, saat ini ruas JTTS yang dapat beroperasi adalah sepanjang 530 kilometer yakni Tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung, Tol Palembang-Indralaya, Tol Medan-Binjai Seksi, Tol Pekanbaru-Dumai, dan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi III & IV.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.