Kompas.com - 02/04/2021, 15:00 WIB
Pelaksanaan program Padat Karya Tunai (PKT) jalan dan jembatan. Dok. Kementerian PUPR.Pelaksanaan program Padat Karya Tunai (PKT) jalan dan jembatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan mendapatkan pagu anggaran sebesar Rp 47,63 triliun pada tahun 2021.

Pada awalnya, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR mendapatkan pagu anggaran sebesar Rp 53,956 triliun, lalu dipangkas sebesar 6,88 triliun menjadi Rp 47,08 triliun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah itu, pagu anggaran Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR ditambah Rp 0,55 triliun menjadi Rp 47,63 triliun.

Penambahan pagu anggaran tersebut merupakan hasil percepatan penarikan Pinjaman Hibah Luar Negeri (PHLN) dan peluncuran Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian mengungkapkan, dari penghematan ini akan dilakukan penundaan dukungan kegiatan Kawasan Industri (KI) Subang.

"Hal ini juga disebabkan readiness criteria (prasyaratan terpenuhi) yang belum siap," kata Hedy dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi V DPR RI, Selasa (30/03/2021).

Selain itu, merelaksasi kegiatan yang tidak bisa diselesaikan di Tahun Anggaran (TA) 2021 pada beberapa kegiatan di KI Batang dan pengembangan food estate (lumbung pangan) baru untuk dilanjutkan penyelesaiannya di TA 2022.

Kemudian, menghemat belanja barang bersumber dari belanja honorarium, perjalanan dinas, paket pertemuan, belanja jasa, serta belanja non-operasional lainnya.

Meski begitu, Hedy menegaskan, tidak akan mengurangi alokasi belanja operasional dan alokasi kegiatan Padat Karya Tunai (PKT).

Baca juga: Anggaran Rp 6,69 Triliun Dikucurkan untuk Padat Karya Tunai Jalan dan Jembatan

Tahun ini, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran Rp 6,69 triliun untuk PKT Tahun 2021.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.