Tarif Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 3 Resmi Berlaku Sabtu, Ini Rinciannya

Kompas.com - 26/03/2021, 18:30 WIB
Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 3 (Jantho-Indrapuri) Hutama karya Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 3 (Jantho-Indrapuri)

JAKARTA, KOMPAS.com - Tarif Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) Ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 3 (Jantho-Indrapuri) secara resmi diberlakukan mulai Sabtu, 27 Maret 2021 pukul 00.00 WIB.

Tarif tol tersebut diberlakukan setelah masa sosialiasi selama empatbelas hari yaitu sejak 10 Maret 2021.

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol (OPT) PT Hutama Karya (Persero) J Aries Dewantoro mengatakan diberlakukannya tarif jalan tol ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 198/KPTS/M/2021 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Pada Jalan Tol
Sigli-Banda Aceh Segmen Jantho-Indrapuri-Blang Bintang.

Sebelumnya jalan tol tersebut telah dibuka tanpa tarif selama lebih dari dua minggu dalam rangka sosialisasi kepada masyarakat sekitar khususnya mengenai penggunaan Uang Elektronik (UE) sebagai alat pembayaran di jalan tol.

Baca juga: Daftar Lengkap 17 Jalan Tol yang Diresmikan Jokowi Tahun 2021

"Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 3 ini juga akan menerapkan sistem transaksi tertutup,” kata Aries, Jumat (26/03/2021).

Aries menjelaskan selama masa sosialisasi berlangsung kendaraan yang melintas meningkat dibandingkan dengan Lalu lintas Harian Rata-rata (LHR) sebelum dibukanya Seksi 3 Jantho-Indrapuri.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejak 10 Maret hingga 24 Maret 2021, sebanyak 25.705 kendaraan melintasi Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 3 dengan LHR sebanyak 1.714 kendaraan.

Ini artinya terjadi peningkatan sebesar 248 persen dibandingkan dengan LHR pada saat dibuka secara funggsional pada bulan Maret 2021 lalu yakni mencapai 492 kendaraan.

"Kami akan menambahkan beberapa fasilitas untuk menunjang operasional Jalan Tol Sigli-Banda Aceh Seksi 3 ini dengan menambahkan sebanyak 34 Unit CCTV, 3 Unit VMS dan 1 lokasi Top-Up di gerbang Jantho” ujar Aries.

Baca juga: Sejarah Jagorawi, Jalan Tol Pertama dan Terbaik di Indonesia

Jika Jalan Tol Sigli-Banda Aceh terhubung secara penuh, akan dilengkapi dengan tujuh Gerbang Tol (GT) yakni GT Padang Tiji di KM 00, GT Seulimeum di KM 25, GT Jantho di KM 31, GT Indrapuri di KM 47.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X