Dituding sebagai Penumpang Gelap Reforma Agraria, Ini Tanggapan PP Pemuda Muhammadiyah

Kompas.com - 25/03/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi. www.shutterstock.comIlustrasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) Dewi Kartika menuding Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah sebagai penumpang gelap dalam reforma agraria.

Oleh karena itu, dia meminta masyarakat mewaspadai keberadaan penumpang gelap tersebut karena kerap menikmati pemberian hak atas tanah oleh pemerintah. Padahal, tanah tersebut bukan haknya.

Dewi menyebut pemberian lahan Tanah Objek Reforma Agraria (TORA) seluas 19.685 hektar oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada PP Pemuda Muhammadiyah sebagai tindakan yang tidak tepat dan salah sasaran.

Lokasi lahan tersebut tersebar di Kecamatan Babat Supat, Keluang, Sungai Lilin dan Batang Hari Leko, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

"Masyarakat harus kritis terhadap potensi munculnya para penumpang gelap reforma agraria yang ikut menikmati atau menerima hak atas tanah yang bukan haknya," kata Dewi kepada Kompas.com, Kamis (25/03/2021).

Dewi menjelaskan pemberian tanah kepada yang bukan haknya secara sadar ataupun tidak telah mengambil hak rakyat kecil.

Baca juga: Pemberian Tanah Objek Reforma Agraria kepada PP Pemuda Muhammadiyah Dinilai Salah Sasaran

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seharusnya, gerakan masyarakat sipil, termasuk organisasasi kemahasiswaan dan kepemudaan menjadi garda terdepan dalam meluruskan penyimpangan atas nama reforma agraria.

Hal ini sekaligus menjadi bukti adanya potensi para penumpang gelap reforma agraria yang diuntungkan di satu sisi tetapi juga merugikan banyak petani kecil di sisi lain.

Pemerintah, Kementerian dan Lembaga harus bertanggung jawab dan mengklarifikasi terkait informasi pembagian lahan TORA kepada PP Pemuda Muhammadiyah tersebut.

"Pemerintah sebaiknya tidak gegabah dalam menjalankan reforma agraria, apalagi terjebak pada kepentingan politis sesaat dan pragmatis," lanjutnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X