Flyover Cakung Selesai Dibangun, Siap Digunakan Mei 2021

Kompas.com - 24/03/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi konstruksi. cammconstruction.comIlustrasi konstruksi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mengoperasikan secara resmi flyover Cakung pada Mei 2021.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho mengatakan, sebelumnya pembangunan flyover Cakung ini sempat terkendala pembebasan lahan. Namun, masalah tersebut sudah selesai.

"Flyover Cakung ini sempat terkendala pembebasan lahan, tetapi sekarang sudah selesai. Semoga bisa digunakan warga Cakung Jakarta Timur ini pada Bulan April 2021 atau maksimal Mei 2021," kata Hari dalam acara diskusi virtual, Rabu (24/03/2021).

Baca juga: Warna-warni Atap Rumah Sekitar Fly Over Tapal Kuda Habiskan 8.000 Liter Cat

Sebelum dioperasikan, flyover Cakung akan diuji coba terlebih dahulu pada April 2021.

Hari menuturkan dengan adanya flyover Cakung diharapkan dapat mengurai kemacetan dan juga mengurangi angka kecelakaan yang biasa terjadi di wilayah tersebut.

"Kami harap flyover Cakung ini dapat mengurangi angka kecelakaan, karena memang di lokasi itu sangat crowded sehingga sering terjadi kecelakaan," ujar Hari.

Untuk diketahui, infrastruktur jalan layang ini merupakan salah satu proyek dari tiga flyover dan satu underpass yang dibangun Pemprov DKI pada tahun 2020.

Selain flyover Cakung, ketiga proyek lainnya yaitu flyover Tapal Kuda Lenteng Agung, flyover Tanjung Barat dan Underpass Senin.

Dinas Bina Marga DKI Jakarta juga telah mengusulkan anggaran dalam Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun 2020.

Adapun untuk flyover Cakung yang memiliki panjang sekitar 1,5 kilometer ini dibangun dengan anggaran sebesar Rp 112,1 miliar.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X